PENGERTIAN MALAIKAT DAN MAKHLUK GAIB LAINNYA ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga beserta para sahabatnya.
  Saudaraku , sidang pembaca yang berbahagia . Dibagian Kedua ini , kita teruskan penulisan setentang Malaikat dan makhluk gaib lainnya , seperti berikut  :
     Selain menciptakan Malaikat. Allah menciptakan pula makhluk gaib lainnya, diantaranya adalah Jin. Jin adalah makhluk Allah yang diciptakan dari api. Sebagaimana Firman Allah SWT didalam Kitab Suci Al Qur'an  : 
(  Artinya  )   :   "  Dan Allah telah menciptakan Jin dari nyala  api  "  ( QS   :  Ar-Rahman   :   15 ) .
     Jin ini ada yang patuh dan taat kepada Allah , tetapi ada pula yang ingkar. Jin yang ingkar diantaranya adalah Iblis dan syetan .       Perhatikan Firman Allah SWT  :
( Artinya  )   :   "   Dia  ( iblis  )  itu dari golongan Jin, ia  mengingkari perintah Tuhannya .   "  (   QS   :  Al - Kahfi   :  50  ).
     Selain ingkar kepada Allah ,  iblis dan syetan  selalu berusaha untuk menyesatkan manusia .
Firman   Allah SWT   :  (  Artinya  )   :   "    Dan syetan itu berkehendak  menyesatkan manusia dengan sesat yang sejauh  -  jauhnya  "  . ( QS  :  An-Nisa  :  60 )  .
      Saudaraku  , sidang pembaca yang terhormat. Akhir dari tulisan religius ini  ,  saya ingin menyampaikan bahwa sehubungan dengan kita sudah mengetahui  ( pengertian)  Malaikat sekaligus mengimani dan meyakini terhadap Malaikat Allah seyogyanya kita harus lebih mawas diri dan selalu berhati-hati dalam segala tingkah laku kita. Karena ada dua Malaikat yang selalu mengawasi dan mencatat  amal perbuatan kita. Semua amal perbuatan kita akan dicatat oleh dua Malaikat yaitu Malaikat Raqib dan Atid.
     Apabila kita melakukan perbuatan yang baik maka akan dicatat oleh Malaikat Raqib. Sebaliknya , jika kita melakukan perbuatan yang buruk  maka Malaikat Atid yang mencatatnya.
       Dengan demikian tidak ada satupun perbuatan yang lepas dari catatan Malaikat. Oleh karena itu , sejak saat ini kita harus pasang niat  tidak akan melakukan perbuatan jelek  ( maksiat  )  lagi. Tetapi kita akan tangkas melaksanakan segala perintah - perintah -Nya dan akan tangkas menjauhkan sejauh - jauhnya segala larangan - larangan - Nya.
     Sampai disini saya sudahi tulisan ini   Bagian Kedua . Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita  , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  :  Drs  H . Hasan Baihaqi  , Af.  * .
                              ***
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  : Www //hsunaryo.blogspot.co. id  *
                             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA