PENGERTIAN MALAIKAT DAN MAKHLUK GAIB LAIN NYA ( Bagian Pertama )

Hi Assalamualaikum wr wb.
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah , tiada sekutu bagi-Nya, hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Malaikat adalah suatu makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah dari  Nur  ( cahaya  ) . Nabi Muhammad SAW bersabda  : ( Artinya  )   :  "   Malaikat itu diciptakan dari cahaya   " . ( HR  : Muslim  ) .
     Karena Malaikat termasuk makhluk gaib maka Malaikat tidak dapat diraba dengan tangan , tidak dapat di lihat dengan mata, atau tidak dapat di dengar  dengan telinga seperti halnya manusia.  Namun,  kita wajib beriman kepada Malaikat. Orang yang tidak mempercayai adanya Malaikat, berarti ia telah mengingkari Ayat-ayat Al-Qur'an dan Al-Hadist. Dengan demikian , orang tersebut tidak layak disebut seorang mukmin atau muslim.  Perhatikan Firman Allah SWT didalam Kitab Suci Al Qur'an  : (  Artinya  )  :   "  Dan orang - orang beriman , semuanya percaya kepada Allah dan Malaikat - malaikat - Nya ... "  (  QS   :  Al - Baqarah  : 285 ) .
     Allah Maha Kuasa , karena Dia lah yang yang menciptakan makhluk yang kasar  (  yang dapat dilihat dengan mata ) seperti  manusia , binatang dan tumbuh - tumbuhan.  Selain itu ,  Allah pula yang menjadikan makhluk yang tidak dapat di lihat oleh mata ( makhluk gaib  )  diantaranya adalah Malaikat dan  Jin.
   Allah menjelaskan dalam Al Qur'an bahwa Malaikat itu di diciptakan oleh Allah lebih dahulu dari pada manusia ( Adam  as ).
Allah SWT berfirman   :  ( Artinya  )   :  "  Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat.  Sesungguhnya Aku akan menjadikan seorang  Khalifah ( manusia )  dimuka bumi  ini . "  ( QS  : Al - Baqarah  : 30 ) .  ( Bersambung  )  .
       Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai di sini dulu  tulisan religius judul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan berikutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kekeliruan atau pun kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  : Drs  H.  Hasan Baihaqi , Af *
                             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  : Www //hsunaryo.blogspot.co. id  *
                             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA