PENGERTIAN DAN KETENTUAN SHALAT JUMAT ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama - tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW , tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW  ) beserta para sahabatnya.
       Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Kita teruskan tulisan  Bagian Kedua ini , judul sesuai tersebut diatas sebagai berikut  :
Berdasarkan Hadist tersebut orang yang tidak dikenai kewajiban melaksanakan shalat jumat ada empat golongan . Yaitu : hamba sahaya ,  perempuan  ,  anak - anak  ,  dan orang yang sedang sakit .
Adapun syarat wajib melaksanakan shalat jumat adalah beragama Islam , baligh  ( dewasa  ) ,  laki-laki ,  sehat  , merdeka  , berakal sehat , dan tidak dalam keadaan musafir  ( mukim ).
      Oleh karena itu ,  setiap muslim yang telah memenuhi syarat - syarat wajib shalat jumat harus melaksanakan shalat jumat.
Apabila seseorang muslim tidak shalat jumat sampai tiga kali tanpa suatu alasan  maka  Allah akan menutup hati orang tersebut. Hal ini berdasarkan Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Al - Hakim  :
(  Artinya  )   :  "  Barangsiapa yang meninggalkan shalat Jumat sampai tiga kali berturut-turut dengan tanpa adanya udzur atau alasan,  niscaya Allah akan menutup hatinya.  "  ( HR  : Al-Hakim ) .
     Bahkan ia akan dimasukkan kepada golongan orang munafik, sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tabrani  :
(  Artinya  )   :  "    Barangsiapa yang meninggalkan shalat Jumat sampai tiga kali berturut-turut dengan tanpa udzur atau halangan   maka orang itu akan dicatat dari golongan munafik.   "  (  HR   :  Thabrani  )   (  Selesai  ) .
       Saudaraku , sidang pembaca yang budiman . Sampai disini saya akhiri tulisan religius , judul sesuai tersebut diatas Bagian Kedua. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                                ***
* Bahan-bahan   (  materi   )   diambil dan dikutip dari buku   :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh : Drs  H. Hasan Baihaqi , Af *
                                ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  :  Www. hsunaryo.blogspot.co.id  *
                                 ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA