PENGERTIAN DAN KETENTUAN SHALAT JUM 'AT ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji syukur kepunyaan Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya  dan hanya kepada - Nya kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sidang pembaca yang berbahagia. Bagi kaum muslimin , hari jumat merupakan hari yang paling mulia.
Karena hari jum 'at merupakan sayyidul ayyam artinya raja daripada hari-hari lainnya. Selain itu ,  pada hari jum' at kaum muslimin diwajibkan melaksanakan shalat Jum'at.
        Shalat jum'at adalah shalat yang dikerjakan dihari jum'at pada waktu dzuhur sebanyak dua rakaat yang dikerjakan secara berjamaah. Shalat jum'at ini dilaksanakan setelah diawali dua kali khotbah.
         Dasar hukum melaksanakan shalat Jum'at adalah Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al  Jumuah ayat 9   :
( Artinya  )   :  "   Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk shalat pada hari jum'at , maka hendaklah kamu mengingat Allah dan tinggalkan lah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.  "  ( QS  : Al  - Jumuah  :  9 ) .
      Shalat jum 'at  hukumnya fardhu' ain. Artinya  ,  hanya diwajibkan kepada laki-laki dewasa yang beragama Islam. Sabda Nabi SAW   :   ( Artinya  )   : "    Jum'at  itu adalah satu tuntutan yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim dengan berjamaah, kecuali empat macam , yaitu hamba sahaya, perempuan ,  anak-anak,  dan orang yang sedang sakit. " ( HR   : Abu Daud dan Al-Hakim ) . (  Bersambung  ) .
         Saudaraku   sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan tulisan Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                           ***
*    Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  :  Www.hsunaryo.blogspot.co.id  *
                           ***
*  Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku   :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  :  Drs. H. Hasan Baihaqi, Af  *
                            ***
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA