P E M A A F

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji kepunyaan Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya  dan hanya kepada - Nya kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW , tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW )  beserta para sahabatnya.
       Saudaraku  ,  sidang pembaca yang berbahagia. Pemaaf artinya orang yang suka memaafkan orang lain. Memaafkan orang lain merupakan perbuatan yang baik dan termasuk akhlak yang terpuji. Selain  itu , memaafkan orang lain yang patut dimaafkan termasuk sifat dan akhlak Rasulullah SAW.
        Dalam perjalanan hidupnya Rasulullah SAW selalu memaafkan orang lain.
Penduduk Mekkah dahulu selalu memusuhi Rasulullah SAW  dengan begitu kejam dan menyakitkan hati, tetapi setelah ditaklukan nya kota Mekkah, semua dimaafkan oleh Rasulullah SAW. Beliau tidak membalas dendam , walau pun  telah memperoleh kemenangan. Sebaliknya , Rasulullah SAW memberikan maaf kepada mereka dengan lapang dada.
          Begitu juga ketika Nabi Muhammad SAW berada dikota  Thoif. Beliau berdakwah mengajak penduduk kota tersebut untuk beriman dan menyembah Allah SWT. Namun ,  masyarakat kota itu menolak ajakan dan  dakwah Rasulullah. Bahkan mereka melempari dengan batu sehingga kaki Nabi SAW berdarah.
Rasulullah SAW diusir untuk pergi meninggalkan kota Thoif .
            Apa yang dilakukan oleh Nabi SAW ?  Beliau memanjatkan doa kepada Allah dengan doanya yang sangat terkenal,  yaitu  :  ( Artinya  )   :  "   Ya  Allah  , Ya Tuhan kami,  berikanlah hidayah atau petunjuk kepada kaumku karena sesungguhnya mereka tidak mengerti . " 
             Akhirnya , mereka mengerti sehingga menerima  Islam sebagai agamanya. Oleh karena itu , apabila kita bertengkar jangan diakhiri dengan dendam. Akan tetapi , segeralah kita meminta maaf. Karena mungkin kita yang salah atau mungkin mereka salah mengerti. Begitu pula apabila orang lain meminta maaf kepada kita  , sebaiknya kita memaafkannya. Memberi maaf kepada orang lain merupakan perbuatan yang terpuji. Hal ini akan menciptakan pergaulan yang lebih akrab lagi.
Selain itu ,  perbuatan suka memaafkan orang lain disenangi oleh Allah SWT.
      Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat.  Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kekeliruan atau pun kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                            ***
*  Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  :  Drs  H.  Hasan Baihaqi , Af . *.
                              ***
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  : Http://hsunaryo.blogspot.co.id  *
                              ***
                            


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA