KEHIDUPAN DI AKHIRAT

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.  Syukur Alhamdulillah  saya panjatkan kehadirat  Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah  
saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita , junjungan umat ,  Nabi termulia, Rasul paling Agung  yaitu Baginda  Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarga beserta para sahabatnya.
     Saudaraku  , sidang pembaca yang terhormat . Apakah manusia itu akan hidup lagi pada hari  akhir ?  Sebenarnya manusia menempuh 4 ( empat  )  macam alam,  adalah   :   1.   Alam arwah , yaitu tempat manusia sebelum kedunia.
2 .   Alam dunia  , yaitu alam yang sekarang
sedang kita alami.
3 .   Alam Barzah , yaitu alam yang ditempati  manusia sejak ia meninggal  dunia sampai hari Kiamat  datang.
4 .   Alam Akhirat , yaitu alam tempat hidup untuk selama - lamanya.
        Sekarang didunia manusia hidup , setelah meninggal manusia berada di alam barzah. Dan kelak akan dibangkitkan kembali . Itu lah yang disebut  'hidup sesudah mati' .
Diakhirat manusia hidup kekal. Orang yang beramal shaleh dan mendapat ridha Allah dapat hidup kekal di Syurga.
Dan bagi orang - orang kafir dan durhaka akan mendapat siksaan dan hidup kekal didalam Neraka. Oleh karena itu , perbanyak lah amal kebajikan dan tinggalkan perbuatan - perbuatan yang keji dan terlarang, agar kita selamat didunia dan di akhirat.
       Sekali lagi ,  pada hari itu akan diselesaikan semua persoalan manusia selama hidup di dunia, kebaikan dan kejahatan yang pernah dilakukannya diperiksa dengan teliti tanpa merugikan salah seorang. Kebaikan akan dibalas dengan kesenangan, sedangkan kejahatan akan dibalas dengan siksaan.
Seperti dalam surat Al - Zalzalah  ,  sebagai berikut  :   "  Faman ya'mal misqala zarratin khairray yarah. Waman ya'mal misqala zarratin syarray yarah . "
(  Artinya  )   :  "  Barangsiapa berbuat baik akan dibalas dengan kebaikan dan barangsiapa berbuat jahat akan dibalas dengan siksaan sesuai dengan perbuatannya.  "
          Saudaraku   sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
                         ****
*  Bahan-bahan  ( materi )  diambil dan dikutip dari buku  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  :   Drs  Asdiah Suparya  Dkk *
                         ****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  :  Www //hsunaryo.blogspot.co. id   *
                          ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA