AIR

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji kepunyaan Allah  SWT , tiada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Ada  7 ( tujuh  )  macam air yang boleh dipakai bersuci . Yaitu  :
1.  Air hujan
2.  Air  laut
3.  Air  sungai
4.  Air  pancuran ( mata air  )
5.  Air  sumur  ( Air perigi )
6.  Air Leideng
7.  Air Es ( Salju )
      Dan  air tersebut terbagi menjadi 4 ( empat  )  bagian ,  yaitu  :  Pertama,  Air mutlak.   Kedua ,  Air makruh . Ketiga ,  Air mustamal  dan  Keempat ,  Air Najis .
      Adapun air yang mutlak  yaitu air yang suci lagi mensucikan yakni air yang tidak bergaid ,  seperti air teh , air kelapa dan sebagainya, ia suci untuk di minum tetapi tidak mensucikan buat berwudhu atau mandi yang Wajib . Kemudian manakah air yang makruh itu ? Air makruh yaitu air yang suci mensucikan tetapi makruh lah memakainya ialah seperti air yang panas, air yang sangat sejuk. Dan  yang manakah air mustamal itu ?  Air  mustamal yaitu , air yang sedikit sudah dipakai wudhu atau bekas dipakai mencuci kotoran  ( najis  ). Lantas manakah air yang najis itu ?
Adapun air yang najis , yaitu air yang sedikit yakni tidak cukup dua kullah dan bercampur dengan najis meskipun air tersebut tidak berubah warnanya, baunya dan rasanya, ataupun air yang banyak lebih dari dua kulah tetapi berubah dengan campuran najis ( kotoran  ).
     Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                              ***
*  Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  KONCI IBADAH . Oleh  : S. A.  Zainal Abidin .  *
                              ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  :  Www //hsunaryo.blogspot.co. id  *
                              ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA