SHALAT TIANG AGAMA

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji kepunyaan Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW  ) beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Islam mempunyai  5 (lima )  sendi ajaran yang harus dilaksanakan oleh para pemeluknya. Sendi sendi itu bagaikan tiang rumah yang saling menunjang antara satu dengan lainnya, apabila salah satu dari tiang tersebut roboh , maka roboh pula yang lainnya. Lima sendi tersebut adalah  :
1.    Mengakui Ke - Esaan Allah dan mengakui ke-Rasulan Muhammad  ( Syahadatain ).
2.    Mendirikan shalat 
3.    Mengeluarkan  Zakat
4.    Menunaikan ibadah haji
5.    Berpuasa pada bulan Ramadhan
       Seperti yang disebutkan dalam sebuah Hadist  :
( Artinya  )  :  "  Didirikan Islam atas lima  sendi  yang terpokok.  Yaitu  : Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat , mengeluarkan zakat , pergi haji dan berpuasa pada bulan Ramadhan . "  ( HR  : Bukhari dan Muslim  ).
      Seluruh sendi yang disebutkan diatas wajib dilaksanakan oleh para pemeluk agama Islam baik kaya maupun miskin ,  kecuali haji . Haji hanya diperintahkan bagi orang yang mampu, baik dari segi spiritual maupun material .
          Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                                ***
*  Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM   (  Untuk  Siswa  SMTA  ).  Disusun Oleh  : DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH UMUM NEGERI  *
                              ***
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  : Www //hsunaryo.blogspot.co. id  *
                             ***
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA