SHALAT QASAR

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad SAW. Pertama - tama mari kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena sesungguhnya lah saya dapat menyusun tulisan religius ini sesuai judul tersebut diatas pada hakikatnya semata-mata adalah karena izin, karena perkenan, karena kehendak Allah SWT. Saya yakin , haqul yakin tanpa izin  tanpa perkenan, tanpa kehendak-Nya saya tidak akan pernah dapat menulis seperti ini. Oleh karena itu tidak berkelebihan kiranya kalau sekali lagi saya mengajak sidang pembaca , mari kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Ilahi Rabbi , Tuhan Seru Sekalian Alam. Dia pencipta langit dan bumi , Dia penguasa tunggal di Hari Pembalasan Nanti , Dia itu Maha Dzat yaitu Allah SWT.
Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW  ) beserta para sahabatnya.
         Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Shalat Qasar adalah shalat yang diringkaskan diantara shalat lima waktu yang seharusnya empat raka'at menjadi dua raka'at saja. Shalat lima waktu yang dibolehkan Qasar adalah shalat Dzuhur, Ashar dan shalat Isya. Sedangkan shalat Maghrib dan shalat Subuh tidak boleh ditingkas ( Qasar  ).
*  Syarat syah shalat Qasar  :
Shalat Qasar syah dilakukan apabila terdapat syarat dibawah ini  :
1.    Dalam perjalanan yang dilakukan bukan untuk suatu tujuan maksiat, misalnya melakukan Haji , silaturahmi  atau berdagang.
2.    Perjalanan berjarak jauh yang ditempuh dengan memakan waktu sehari semalam perjalanan. Sebagian Ulama berpendapat tidak perlu perjalanan jauh didasarkan pada Hadist yang diriwayatkan Ahmad, Muslim dan Abu  Daud.
*   Hadist Nabi SAW   :
(  Artinya  )   :  "  Dari  Syu 'bah ia berkata  : Saya bertanya kepada Anas tentang mengqasar shalat, beliau menjawab  : "  Rasulullah SAW  apabila beliau berjalan tiga  parsakh ( 90 km ) beliau shalat dua raka'at."   ( HR  :  Ahmad, Abu Daud dan Imam Muslim  ).
3.   Shalat yang di Qasar adalah shalat yang akan dilaksanakan pada hari itu , jadi bukan shalat yang akan di ganti  ( di Qodho ).
4.    Berniat  Qasar  waktu takbiratul ihram.
Tentang shalat Qasar ini Allah SWT  berfirman  dalam Al-Qur'anul Karim,  surat An-Nisa ayat 101.  Firman - Nya  :
(  Artinya  )   :  "  Dan apabila kamu bepergian di muka bumi,  maka tidaklah mengapa kamu mengqasarkan shalatmu, jika kamu takut diserang orang - orang kafir , sesungguhnya orang - orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. "  ( QS  : An-Nisa   : 101 ).
     Dari ayat diatas dapat dipahami bahwa setiap orang yang bepergian dengan tujuan baik,  Allah SWT memberi keringanan dalam melaksanakan shalat yaitu dengan cara meringkas dari empat raka'at menjadi dua raka'at dengan ketentuan dan syarat - syarat diatas.
      Shalat  Qasar dimulai dengan niat shalat Qasar ketika takbiratul ihram, semisal shalat Dzuhur , dan  niatnya  apabila dilafadzkan adalah sebagai berikut  :  "  Ushali fardhu Dzuhri rak 'ataini qosron lillahi Ta' ala "  (  Sengaja saya shalat Dzuhur dua  raka'at Qasar  karena Allah Ta'ala.  ) Setelah lafadz  niat diucapkan maka adalah
praktek shalat Qasar  sama saja seperti shalat biasa. Perbedaannya hanya kita akan shalat fardhu apa dan niatnya kemudian dari empat raka'at menjadi dua raka'at.
Setelah selesai sujud kedua pada raka'at kedua maka langsung duduk membaca tasyahud akhir dan salam.
            Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini, terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                            ****
*   Bahan-bahan   ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.  ( Untuk siswa SLTP  ). Tim Penyusun :  Dra H. Andi Rasdiyanah  Dkk  *
                             ****
*    Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  : Www //hsunaryo.blogspot.co. Id   *
                              ****

                
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA