IKHLAS DALAM BERAMAL


Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji kepunyaan Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Dia kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW  ) beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Ikhlas menurut bahasa artinya putih, hening hati  atau tulus hati , suci murni, tidak bercampur dengan yang lain.
Sedangkan menurut istilah ikhlas artinya mengerjakan sesuatu perbuatan yang baik hanya karena Allah semata-mata serta mengharapkan keridhaan - Nya . Bukan mengharap harta, pujian, gelar, kemasyhuran dan lain - lain. Untuk mengetahui ikhlas atau tidaknya  amal perbuatan seseorang tergantung kepada niatnya. Sebab itu niat adalah menjadi titik tolak permulaan dalam segala amal perbuatan. Niat itu menjadi ukuran  yang sangat menentukan tentang baik buruknya sesuatu amal atau perbuatan.
Bila niatnya buruk , maka hasilnya pun buruk pula. Dan bila niatnya baik , maka baik pula hasilnya.  Apabila niat sudah salah dan jauh menyimpang, maka sia-sia lah ibadah dan amal-amalnya. Didalam Al-Qur'an, Allah senantiasa memperingatkan agar setiap amal ibadah dilakukan dengan ikhlas.
* Perhatikan Firman Allah SWT  :
( Artinya  )  :  "  Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan  memurnikan ketaatan kepada - Nya dalam  ( menjalankan  ) agama dengan lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itu lah agama yang lurus. "  ( QS  :  Al - Bayyinah : 5 ) .
      Dalam ayat tersebut jelas   bahwa dalam berbakti kepada Allah harus disertai dengan ketaatan yang murni  ( ikhlas  ) kepada Allah.
*   Sementara dalam sebuah Hadist  setentang pentingnya ikhlas dijelaskan sebagai berikut  :
(  Artinya  )   :  "   Dari Abu Hurairah Abdurrahman  bin Sahr ra dari Nabi SAW  ia berkata  :  Telah bersabda Rasulullah SAW  : "   Sesungguhnya Allah tidak akan menilai bentuk tubuh dan rupamu sekalian, tetapi Allah hanya akan menilai kepada hati mu ( niat yang ikhlas  ) "   ( HR  :  Muslim  ) .
         Saudaraku   sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                                  ***
*  Bahan-bahan   (  materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . ( Untuk siswa SMTA  ) . Disusun Oleh  :  DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH UMUM NEGERI .  *
                                  ***
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  :  Www //hsunaryo.blogspot.co. id   *
                                  ***
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA