AGAMA TAUHID


    Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji kepunyaan Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada Dia kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW  ) beserta para sahabatnya.
      Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Agama  meyakinkan adanya Tuhan dengan berbagai alasan yang jelas dan tepat, yang tidak dapat dibantah dan disanggah. Asal makna Tauhid ialah berkeyakinan bahwa Allah itu Esa , tidak ada sekutu bagi-Nya. Keesaan Allah yang dikehendaki  Islam , ialah  : Allah itu Esa dalam segala hal. Esa pada Dzat - Nya , sifat - Nya  dan  Esa pada perbuatan-Nya, dengan pengertian tiada akhir.
       Sebenarnya  seluruh manusia mengaku adanya Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Walaupun demikian sebagian mereka mendasarkan pengakuannya pada penglihatan yang lahir dan sebagian mereka mendasarkan pengetahuan akalnya saja. Karena itu terjadi perselisihan dan perbedaan pendapat dalam cara melaksanakan pengakuan itu. Dan terjadi perbedaan dalam menetapkan Tuhan yang diimankan itu. Sebagian mereka ber- Tuhan-kan Matahari, sebagian lagi ber-Tuhan-kan Api dan sebagainya.
      Allah mengutus Nabi Muhammad SAW  membawa Islam , menyampaikan wahyu Allah yaitu  Al-Qur 'an untuk menjadi petunjuk bagi manusia dalam urusan beriman akan Allah, dan bertauhid kepada - Nya disamping menjadi petunjuk dalam urusan - urusan  dunia dan akhiratnya.
Tauhid itu jiwa agama, sendi yang paling penting dan besar.
Bahkan dialah pokok yang utama dalam Islam. Tauhid lah jalan menundukkan diri kepada Allah dan dialah semulia-mulia sifat yang mendatangkan kebahagiaan. Ketauhidanlah jalan utama ke Syurga.
*   Firman Allah SWT   :
(  Artinya  )   :   "   Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus- menerus mengurus  ( makhluk - Nya  )  tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan - Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafaat disisi Allah tanpa izin - Nya?  Allah ,mengetahui apa - apa yang dihadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa - apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki - Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya , dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. " ( QS  :  Al Baqarah  : 255 ).
       Tegasnya tauhid itu urat tunggal segala rupa ibadah dan muamalah. Syiar Tauhid  ialah kalimat suci   :  Laa ilaaha illalllah , dia lah sendi bangunan Islam. Segala macam ibadah,  segala rupa aturan ,  undang - undang adalah membuktikan maksud- Kalimat  Tauhid .
         Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                            ***
*  Bahan-bahan   ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku   :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. ( Untuk siswa SMTA ) . Disusun Oleh   : DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH UMUM NEGERI .   *
                            ***
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website   : Www //hsunaryo.blogspot.co. id   *
                            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA