DENGKI DAN HASUD

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW  ) beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. dengki adalah salah satu sifat yang tidak terpuji , dan harus dihindari oleh kita (  wabil khusus sebagai insan beriman )
dalam kehidupan sehari - hari.
Arti  dengki adalah berusaha menghilangkan nikmat yang telah diperoleh seseorang.
*  Rasulullah SAW bersabda  :
*   (  Artinya  )   : " Telah masuk ke dalam tubuhmu penyakit - penyakit umat  dahulu ( Yaitu )  benci dan dengki, itulah yang membinasakan agama ,  bukan dengki mencukur rambut. "  ( HR  : Ahmad dan  Turmidzi  ).
       Dari  Hadist diatas dapat diambil pemahaman bahwa hancurnya suatu agama sejak dahulu adalah disebabkan oleh timbulnya sifat benci dan dengki diantara para pemeluknya.
Apabila sifat dengki berkembang di masyarakat sekitar kita maka akan menimbulkan kekacauan, kebohongan , dan fitnah. Maka harus dihindari sifat dengki dan sombong. Baik sombong karena orang tua kita kaya, mempunyai jabatan , atau sombong karena kita  merasa  kalau kita  adalah paling pintar sendiri.
       Sementara Hasud dalam bahasa Arab berarti dengki, tapi dalam kegiatannya Hasud itu adalah tindak lanjut  dari sifat dengki. Sebagaimana seperti yang pernah saya sampaikan terdahulu,  bahwa dengki itu adalah berusaha menghilangkan nikmat yang diperoleh seseorang, menghilangkan nikmat tersebut bermacam - macam cara antara lain menghasud.
Didalam salah satu Hadist  Rasulullah SAW bersabda  :
*  ( Artinya )  :  "  Jauhilah dirimu dari sifat dengki , karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan, seperti api memakan kayu bakar. "  ( HR  :  Abu Daud  ).
        Dari Hadist tersebut diatas dapat diambil satu pelajaran bahwa betapa sangat kejinya sifat hasud dan dengki itu apabila dapat berkembang dilingkungan sekitar kita, misalnya disekolah,   dikampus , dikantor tempat kita bekerja atau bahkan dilingkungan tetangga kita. Sudah dapat dipastikan  tempat itu akan menjadi sumber malapetaka bagi masyarakat sekitarnya.
        Saudaraku   sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                                 ****
*    Bahan-bahan  (  materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . ( Untuk siswa  SLTP ). Tim Penyusun   : Dra H. Andi Rasdiyanah Dkk.  *
                                 ****
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website    :  Www //hsunaryo.blogspot.co. id   *
                                 ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA