BERMUKA DUA

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji kepunyaan Allah, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Dia kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beserta para sahabatnya.
           Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Istilah bermuka dua digunakan bagi orang yang dalam masalah - masalah yang sama memiliki sikap berbeda.Misalnya ketika ia bertemu dengan salah seorang temannya, ia berkata bahwa ia tidak menyenangi kepada sekolahnya tetapi bertemu dengan teman lain ia berkata, bahwa kepala sekolahnya baik sekali, dan ia senang. Kedua pendapat tersebut ia kemukakan karena karena ada maksud tertentu. Perbuatan seperti itu digolongkan kepada perbuatan orang yang munafik.
            Bermuka dua atau tidak memiliki ketegasan dapat membahayakan kehidupan seseorang atau masyarakat.
Karena perbuatan bermuka dua dapat berakibat memecah belah orang yang berteman, bersaudara. Dalam rangka menjaga kesatuan dan persatuan dalam bermasyarakat maka orang yang bermuka dua. Dalam Hadist Nabi menyebutkan  :
( Artinya  )  :  "  Muhammad bin  Zaid ra berkata  : " Beberapa orang datang kepada neneknya yaitu Abdullah bin Umar, mereka berkata  : " Kami jika masuk menghadap kepada Raja  berbicara lain dengan apa yang kami bicarakan jika keluar." 
Maka berkata Abdullah bin Umar  : "  Kami dahulu pada masa Rasulullah SAW menganggap yang demikian itu kemunafikan."  ( HR  : Bukhari  ) .                    *    Dan Hadist  Nabi SAW  :                           (  Artinya  )   : "   Dan  kamu dapatkan sejahat-jahat manusia ialah bermuka dua, yang datang kemari dengan suatu muka, dan kesana dengan muka lain. "  ( HR  :  Bukhari dan Muslim  ).
            Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                                ****
*     Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku   : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  (  Untuk SMTA  ) . Disusun Oleh  : DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH UMUM NEGERI.   *
                                  ****
*     Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  : Www //hsunaryo.blogspot.co. id  *
                                   ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA