AT TABZIR ATAU AL ISRAF

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji kepunyaan Allah, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Dia kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, tiada lagi Nabi sesudahnya.
Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beserta para sahabatnya.
        Saudaraku , sidang pembaca yang  terhormat. Boros artinya berlebihan dalam membelanjakan harta. Boros juga mengandung arti menyia-nyiakan harta kepada hal-hal yang haram dan tidak ada gunanya. Boros dalam istilah agama disebut  At Tabzir atau Al Israf.
Begitu pula bila kita tidak menggunakan waktu dengan baik dan bermanfaat , maka digolongkan sebagai pemborosan ( mubazir ) oleh karena itu  kita harus pandai - pandai menggunakan harta dan waktu dengan sebaik - baiknya, begitu pula tenaga janganlah dihambur-hamburkan, gunakan semua itu kepada hal-hal yang bermanfaat  baik bagi kita sendiri maupun bagi orang lain.
*  Allah SWT berfirman  :
(  Artinya  )   :  " Sesungguhnya pemboros - pemboros itu adalah saudara - saudara syetan. "  ( QS   :  Al  Isra   :  27 ).
       Kita semua dilarang oleh Allah SWT untuk membuat Israf ( berlebihan  ).
*     Perhatikan Firman - Nya  :
(  Artinya  )   :   " Janganlah kamu  berlebih - lebihan ,  sesungguhnya Dia (  Allah  ) tidak senang terhadap orang yang suka berlebih lebihan. "  (  QS   :  Al  A'raf  :  31 ).
     Saudaraku  , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                                 ****
*     Bahan-bahan   ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku   :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .  " AMANAH " . Disusun Oleh  : TIM WAHANA IPTEK BANDUNG .   *
                                 ****
*    Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www //hsunaryo.blogspot.co.id    *
                                 ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA