AL BAKHIL ATAU AL BUKHLU

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji kepunyaan Allah , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Dia kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW , tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beserta para sahabatnya.
       Saudaraku , sesama muslim dan muslimah. Dalam pandangan Islam sifat kikir itu merupakan sifat yang tercela oleh karenanya harus kita jauhi.
Kikir dalam Islam disebut juga  AL BAKHIL ATAU   AL BUKHLU,  dalam bahasa lain kikir adalah berarti pelit.
       Orang kikir ialah orang yang enggan memberikan sebagian hartanya kepada sesama  ( orang lain yang sangat membutuhkan ),  enggan mendermakan sebagian hartanya untuk kepentingan agama. Bagi orang bakhil tidak pernah terlintas dalam hatinya untuk infak sedekah, yang ada hanya pikiran bagaimana supaya hartanya terus bertambah, padahal harta itu tidak kekal, bahkan jika dia mati tidak akan ada hartanya yang dibawa, kecuali kain kafan sebagai pembungkus badannya, semua harta miliknya akan ditinggalkan.
        Orang kikir akan dijauhi  sesamanya, kehidupannya semakin sempit dan sukar.
*  Perhatikan Firman Allah SWT  :
( Artinya  )   :  "  Dan adapun orang - orang yang bakhil kikir dan merasa dirinya cukup, serta mendustakan pahala yang terbaik maka kelak Kami akan menyiapkan baginya  ( jalan - jalan  ) yang sukar dan hartanya tidak  bermanfaat baginya apabila ia telah binasa. "  ( QS  :  Al - Lail :  8-11 ) .
       Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                                 ****
*   Bahan-bahan   ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku   : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.  " AMANAH" . Disusun Oleh   :  Tim WAHANA IPTEK BANDUNG  *
                                  ****
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  :  Www //hsunaryo.blogspot.co. id  *
                                  *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA