TASAWUF

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji kepunyaan Allah,  Tuhan Seru Sekalian Alam dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga tercurah atas keluarga beserta para sahabatnya.
       Saudaraku,  sidang pembaca yang terhormat. Kata Tasawuf diambil dari kata shafa yang berarti bersih.
Yaitu bersih hati,  pikiran,  ucapan dan perbuatan dari segala sifat yang tercela dihadapan  Allah SWT. Pendapat lain mengatakan  bahwa kata tasawuf diambil dari kata suf,  yang artinya kain yang terbuat dari bulu dan disebut wool.
Yaitu wool kasar yang melambangkan kesederhanaan hidup bagi yang memakainya .
      Adapun pengertian  tasawuf dari segi istilah ialah suatu ilmu yang membahas  mengenai tata cara  dan proses pensucian diri dari segala sifat yang tercela,  sehingga dapat  berhubungan  secara rohaniah dengan Allah, sedekat mungkin yang  yaitu  melalui  disiplin rohaniah  yang dituju oleh  seorang sufi seperti bertobat,  zuhud ( menjauhi pengaruh dunia ), wara' (  menghindari diri dari sesuatu yang  haram  dan syubhat ), sabar, tawakal, dan rela ( ridha ) atas ketetapan Allah  SWT.
        Dari definisi tersebut ,  terlihat adanya  manfaat  dari tasawuf,  yaitu memelihara  kesucian diri dari  segala sesuatu  yang tidak disukai Allah SWT. Dengan demikian  ia selalu menampilkan  ucapan, perbuatan,  pikiran dan niat yang bersih ,  sehingga menimbulkan budi pekerti  yang  mulia,  sehingga ia dicintai  oleh Allah  dan  sesama manusia. Sifat yang  demikian  sangat perlu dimiliki,  terutama ditengah - tengah masyarakat yang  dilanda oleh berbagai pengaruh   negatif ,  seperti pengaruh  kehidupan kebendaan ( materialistik ) ,  foya-foya dan kemaksiatan lainnya.  Dengan tasawuf ,  seseorang akan memiliki  ketahanan rohaniah,  sehingga dirinya  tidak  terombang - ambing oleh pengaruh yang buruk.
       Saudaraku, sidang pembaca  yang terhormat. Sampai disini  saya sudahi dulu tulisan  religius ini, terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya  allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                             *****
*    Bahan-bahan ( materi )  diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  ( Untuk SMU-SMK ) . Disusun Oleh : DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH UMUM DEPARTEMEN AGAMA.   *
                            ******
*   Artikel religius ini dapat temukan  pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.co.id *
                             *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA