SUCI DAN BERSIH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji kepunyaan Allah, tiada sekutu bagi-Nya  dan hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW,  tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beserta para sahabatnya.
           Saudaraku, sidang pembaca  yang terhormat. Setiap orang Islam harus pandai menjaga kebersihan. Setiap orang Islam harus pandai memelihara kesucian.
Maka tiap kali buang air kecil atau  buang air besar kita harus bersuci ( istinja, cebok ). Kenapakah orang Islam harus bersih dan suci ?  Karena Allah Yang Maha Suci memerintahkan agar  badan, pakaian,  dan tempat kita harus selalu suci  dan bersih dari najis. Mudah-mudahan  kita taat menjalankan perintah Allah SWT  ini.
Moga - moga kita tetap menjadi orang yang sentiasa berusaha mensucikan diri.
           Yang disebut najis itu ada tiga macam , yaitu  :
1.     Najis  ringan   :  ( Mukhaffafah ). Yaitu kencing bayi yang belum berusia  2 tahun  umurnya. Dan belum makan kecuali air susu ibunya. Maka cara mensucikannya, cukup disiram saja dengan air.
2.      Najis sedang    :  ( Mutawasithah ).
Yaitu kotoran manusia kotoran  ( kencing atau pun tahi ) hewan dan darah yang sudah beku. Cara mensucikannya, disiram dengan air , lalu digosok hingga hilang dzat dan warnanya.
3.       Najis  berat     :  ( Mughalladhah ).
Yaitu air liur anjing  dan kotoran anjing ataupun babi. Cara mensucikannya, disiram dengan 7 ember air, lalu digosok. Salah satu diantaranya harus dicampur dengan tanah yang bersih dari kotoran.
              Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini, terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita,
insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                                  *****
*   Bahan-bahan  ( materi  ) , diambil dan dikutip dari buku  :  CAKAP MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL QUR'AN . Oleh : SAADAN RAHMANY.  *
                                  ******
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www //hsunaryo.blogspot.com.  *
                                  ******

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA