PUASA SYA'BAN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad .
Segala puja dan puji hanya kepunyaan Allah , tiada sekutu bagi-Nya. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW , tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Puasa Sya'ban termasuk puasa yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW tanpa ditunjuk secara pasti hari pelaksanaannya serta berapa hari puasa tersebut dikerjakan .
Dalam beberapa Hadist hanya ditunjukkan bahwa pada setiap bulan Sya'ban Rasulullah SAW lebih banyak berpuasa . Dalam sebuah riwayat diterangkan sebagai berikut  :
    ( Artinya ) : " Aku tidak pernah melihat
Rasulullah SaW melakukan puasa dalam waktu sebulan penuh , kecuali pada waktu bulan Ramadhan  , dan tidak pula aku melihat satu bulan pun yang hari-harinya dipergunakan Nabi SAW untuk berpuasa kecuali pada bulan Sya'ban. " ( HR : Bukhari dan Muslim dari Aisyah ra ).
       Adapun tentang puasa Nisfu Sya'ban
yang sering dikatakan mengandung kelebihan yang tertentu dari pada hari-hari lainnya , maka sepanjang yang diketahui pendapat tersebut tidak berdasarkan pada dalil atau keterangan yang syah dari syara' . ( Demikian dalam buku :  FIKIH ISLAM . Oleh : Drs Musthafa Kamal  B.Ed . hal 27 ).
       Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya sudahi dulu tulisan religius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohin maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh .
                          ****
* Bahan - bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIKIH ISLAM  ( Untuk SMTA ) .Oleh : Drs Musthafa Kamal  B.Ed*
                           ****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                            ****
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA