KEDUDUKAN TASAWUF DALAM ISLAM

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji kepunyaan Allah ,  tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada - Nya kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW,  tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beserta para sahabatnya.
      Saudaraku,  sidang pembaca yang terhormat.  Tasawuf memperoleh perhatian  yang besar dari ajaran Islam. Banyak ayat - ayat Al-Qur'an maupun Hadist  yang menganjurkan manusia agar bertobat, zuhud,  niat yang ikhlas,  sabar, tawakal dan ridha. Dengan semua itu dapat dipelihara kesucian diri.  Kesucian diri ini konci kebahagiaan yang sejati.
*  Perhatikan Firman Allah  SWT :
( Artinya )  : " Sesungguhnya berbahagialah orang yang membersihkan diri,  dan dia ingat nama Tuhannya, lalu ia sembahyang. "  ( QS  :  Al-Ala : 14-15 ).
      Selain itu di dalam Al-Qur'an terdapat ayat - ayat yang menunjukkan dekat manusia dengan Allah.
Misalnya ayat yang artinya  : "  Jika hamba - hamba - Ku bertanya padamu tentang diri-Ku,  maka Aku  adalah dekat . Aku mengabulkan seruan orang yang memanggil, jika ia panggil  Aku ."   ( QS :Al-Baqarah : 86 ).
      Didalam Hadist juga dijelaskan  : " Siapa yang kenal pada dirinya,  pasti ia kenal pada Tuhan nya ."  ( Al-Hadist ).
Ayat dan Hadist ini memberi  petunjuk bahwa seseorang sangat mungkin  berada dekat dengan Allah , yang caranya adalah dengan Tasawuf .
Dengan demikian kedudukan Tasawuf sangat penting dalam Islam.
       Saudaraku ,  sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saja sudahi dulu tulisan religius ini ,  terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                                *****
*    Bahan-bahan ( materi )  diambil dan dikutip dari buku  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.  ( Untuk  SMU-SMK  ).  DISUSUN OLEH  : DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH UMUM DEPARTEMEN AGAMA. *
                                ******
*   Artikel religius ini dapat temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.co.id *
                                ******

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA