KEWAJIBAN BERIBADAH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wassalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji milik Allah , shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sidang pembaca yang
terhormat. Perbuatan atau benda yang sifatnya merugikan biasanya menyenangkan walaupun hanya sesaat karena hawa nafsu cenderung lebih cepat tertarik. Perbuatan-perbuatan atau benda yang mengakibatkan kemaslahatan atau keuntungan biasanya hawa nafsu kurang tertarik , bahkan berat melaksanakannya.
Semua yang dilarang memang menyenangkan .Namun ,  akibatnya akan merugikan sehingga bisa merusak masa depan .
*   Perhatikan Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " ....dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri kedalam
kebinasaan , dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang  yang berbuat baik. " ( QS : Al-Baqarah : 195 ).
      Manusia dihadapan Allah sebagai hamba yang wajib taat kepada-Nya .Oleh karena itu , Allah menciptakan manusia dan  Jin  hanya untuk beribadah kepada-Nya sebagaimana Firman Allah SWT berikut :
( Artinya ) : "  Dan Aku tidak menciptakan Jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku ."( QS : Az-Zariyat :  56 ).
Kewajiban apa sebenarnya yang dibebankan Allah atas hamba-Nya? Allah hanya meminta kepada hamba-Nya untuk beribadah. Perlu kita pahami bahwa ibadah ada 2 ( dua ) :
1.    Ibadah khusus ( Vertikal ) , caranya sudah ditentukan , yaitu segala perbuatan yang mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya  , seperti
shalat , puasa , dan tidak makan dan minum yang haram.
2.    Ibadah umum ( horizontal ) , caranya tidak ditentukan tetapi tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam ( kebenaran , kejujuran , dan keadilan ) yaitu segala usaha untuk mendapatkan kebahagiaan dan keselarasan hidup , seperti seorang yang bekerja untuk menafkahkan keluarganya.
       Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Saya sudahi dulu tulidan religius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu daja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         *****
*    Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh : Drs H. Ahmad Syafi'i Mufid , M.A. dkk  *
                           ******
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com.  *
                            ******
                        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA