KEBANGKITAN MANUSIA DARI KUBUR

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji kepunyaan Allah , tiada sekutu bagi-Nya.Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW , tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat serta salam semoga juga terlimpahkan   atas keluarga beserta para sahabatnya.
       Sidang pembaca yang terhormat.
Kehidupan manusia ada tiga macam , yaitu :
Pertama   :   Kehidupan didunia , yaitu kehidupan sebagaimana yang kita alami sekarang. Dalam kehidupan didunia ini manusia dapat merasakan kebahagiaan atau kesengsaraan jasmani dan ruhani.
Kedua      :    Kehidupan dialam kubur , yaitu kehidupan manusia setelah ruh nya dipisahkan dari badannya. Dalam  kehidupan dialam kubur ini ruh manusia merasakan kenikmatan atau siksaan.
Ketiga        :    Kehidupan diakhirat , yaitu suatu kehidupan setelah ruh manusia dikembalikan kebadannya.
Dalam kehidupan akhirat ini ruh-ruh manusia menyatu kembali dengan badannya , sebagaimana kehidupan manusia didunia.
       Setelah malaikat Israfil meniup Sangkakala pertama kali , terjadilah peristiwa yang sangat dahsyat , yaitu hancurnya alam semesta beserta isinya.
Setelah semua makhkuk didunia mengalami kematian , atas perintah Allah malaikat  Israfil meniup Sangkakala untuk yang kedua kalinya.
Pada tiupan Sangkakala kali ini semua manusia yang telah mati , sejak manusia pertama sampai manusia yang yang terakhir  ,  dibangkitkan kembali.
*   Perhatikan Firman Allah SWT  :
( Artinya )  : "  Dan ditiuplah Sangkakala , maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya ( menuju ) kepada Tuhan mereka " . ( QS: Yaa Sin : 51 ).
*   Dan didalam surat Al-Hajj  ayat 7 disebutkan :
(  Artinya ) :  "  Dan sesungguhnya Hari Kiamat itu pasti datang tak ada keraguan padanya , dan  bahwasanya Allah membangkitkan semua orang didalam kubur. " ( QS : Al-Hajj : 7 ).
    Pada waktu dibangkitkan , keadaan manusia berbeda -beda. Perbedaan itu menunjukkan amal perbuatan manusia selama hidup didunia. Manusia yang baik amal ibadahnya , bertaqwa kepada Allah SWT , maka badan dan ruh nya dibangkitkan dalam keadaan yang sempurna. Adapun orang-orang yang buruk amal perbuarannya , serta ingkar kepada Allah maka badan dan ruh nya dibangkitkan dalam keadaan yang buruk pula. Bagaimanakah Allah mengembalikan ruh manusia kedalam badan yang telah hancur ? .Bagi Allah perkara mengembalikan ruh kedalam badan manusia yang telah hancur dan menghidupkannya kembali , bukankah hal yang sulit. Allah Maha Kuasa. Apapun yang dikehendaki Allah  harus terjadi ; maka apapun dapat terjadi.
Allah SWT telah menciptakan manusia dari tidak ada menjadi ada.
Oleh sebab itu , tidaklah sulit bagi Allah untuk menghidupkan kembali orang yang sudah mati.
      Saudaraku , sidang pembaca .
Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini  Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wasalamualaikum Warahmatullahi  Wabarakatuh.
                           ****
*   Bahab -bahan ( materi  ) diambil dan dikutip dari buku :  AQIDAH AKHLAK .
Oleh : Drs Masan Alfat dan Drs Abdul Rosyid . *
                            ****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com. *
                             ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA