IDHUL ADHA 1436 H

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Segala sanjung dan puji hanya milik Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam  dan hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW , tiada  lagi Nabi sesudahnya .Shalawat serta salam semoga juga tercurah atas keluarga dan para sahabatnya.
       Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sekarang bulan Dzulhijjah tanggal 2 , itu artinya lebih kurang satu minggu lagi lebaran Haji akan datang.
Karena setiap tahunnya Idhul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah , yaitu dua bulan lebih sepuluh hari setelah Idhul Fitri.Yang harus diketahui , diingat dan harus dilaksanakan yaitu sebelum tanggal 10 Dzulhijjah , yaitu  pada tanggal 8 Dzulhijjah kita disunatkan puasa sunat Tarwiyah . Dan pada tanggal 9 Dzulhijjah kita puasa sunat Arafah.
Untuk puasa Arafah , perhatikan Hadist Nabi SAW berikut ini.
( Artinya ) : " Dari sahabat Abi Qatabah ra , menyatakan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : " Puasa dihari Arafah menutup dosa 2 tahun , yaitu satu tahun yang telah lalu dan tahun yang akan datang." ( HR : Muslim ).
Idhul Adha itu disebut Hari Raya Agung . Dirayakan oleh umat islam diseluruh dunia. Idhul Adha dinamakan juga Hari Raya Haji. Karena waktunya selesai wuquf orang haji di padang Arafah. Pada malam menjelang Hari Raya , suara takbir sudah terdengar dimana-mana. Diikuti suara beduk bertalu-talu di Masjid dan di Mushalla dan atau suara takbir dan suara beduk terdengar berkeliling. Esok harinya semua orang ( islam ) sudah berkumpul di Masjid -masjid atau dilapangan ( yang ditelah ditunjuk ) untuk pelaksanaan shalat Idhul Adha. Setelah masuk waktu , shalat sunat Idhul Adha dimulai tanpa didahului suara Azan ataupun suara iqamat.
    Shalat Idhul Adha banyaknya 2 rakaat .Pada rakaat pertama sebelum membaca suratul Fatihah kita membaca tasbih dan takbir sebanyak 7 kali. Dan pada rakaat kedua , kita membacanya sebanyak 5 kali. Adapun doa-doa yang yang lain sama dengan shalat biasa.
      Selesai shalat Khatib membaca khotbah .Maka kita tidak boleh pulang sebelum mendengar khotbah itu.
Selesai khotbah umat islam menyembelih kambing dan domba atau sapi atau kerbau bahkan menyembelih unta sebagai Qurban.
Oleh panitia daging-daging Qurban itu dibagi-bagikan kepada fakir - miskin.
Agar mereka turut bergembira pada Hari Raya itu. Beruntunglah orang yang berqurban dan beruntung pulalah orang-orang yang mendapat daging Qurban itu.
Allah SWT akan melipat gandakan pahala bagi orang yang berqurban .Dan moga-moga Allah akan memberi Hidayah atas orang-orang yang mendapat hasilnya . Insya Allah , amin . Amin Ya Rabbal Alamin. Selamat Idhul Adha 1436 H. Minal Aidin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin.
      Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                           ****
*  Bahan -bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Cakap Membaca Dan Menulis Huruf Al-Qur'an ( Tauhid ) .Oleh : Saadan Rahmany .*
                            *****
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com. *
                            *****

    
      
      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA