" HARI PERHITUNGAN "

Assalamualsikum wr wb
Bismililahirrahmanirrahiim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Sanjungan dan pujian hanya milik Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam . Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW , tiada Nabi lagi setelahnya.Shalawat dan salam semoga juga tercurah kepada keluarga dan para sahabatnya.
Sidang pembaca yang terhormat .
Setelah manusia dihidupkan kembali pada hari akhir , mereka lalu dikumpulkan dipadang Mahsyar untuk diperhitungkan semua perbuatannya yang baik maupun yang buruk .  Allah SWT akan memberikan balasan sesuai dengan amal perbuatannya.
*   Firman Allah SWT  :
( Artinya ) : " Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya .Tidak ada yang dirugikan pada hari ini .Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya." ( QS : Al-Mu'min : 17 ).
      Sebelum dihisab Allah SWT akan memperlihatkan segala amal perbuatan mereka , sehingga mereka dapat melihat amal perbuatannya sendiri selama hidup didunia. Perbuatan yang baik dan yang buruk meskipun seberat dzarrah akan memperoleh balasan yang setimpal.
*   Allah SWT berfiman :
( Artinya ) : " Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun , niscaya dia akan melihat ( balasan ) nya .Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun , niscaya dia akan melihat ( balasan ) nya pula." ( QS : Al-Zal Zalah : 7-8 ).
    Demikianlah atas keadilan Allah SWT baik pahala dan siksa pasti akan diterima manusia , yang penting bagi setiap manusia harus melakukan intropeksi atau mawas diri , apakah imannya sudah benar atau belum  , apakah telah berbuat dosa atau tidak.
Kalau ternyata imannya belum benar , maka perlu segera diluruskan , dan kalau telah berbuat dosa maka perlu segera bertaubat , dan cepat-cepat berbuat kebaikan selagi masih ada kesempatan.
      Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan ( religius ) ini .Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                           *****
*    Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : "  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  ."  Disusun oleh : Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada sekolah Umum Departemen Agama. Kurikulum 1994 *
                             *****
*  Artikel ( religius ) ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com *
                              *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA