HAJI ANAK KECIL

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wassalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji milik Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam. Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan .
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sesama muslim muslimah. Anak yang belum baligh bila melakukan haji , adalah syah hajinya, tetapi tidak wajib. Haji anak kecil  ( orang yang belum baligh ) tidak tergolong wajib oleh karenanya bila telah dewasa ia wajib mengerjakan haji lagi , bila kuasa.
*  Perhatikan Hadist Nabi SAW :
( Artinya ) : " Dari Ibnu Abbas ra  : Bahwasanya Nabi SAW berjumpa dengan kafilah di Rauha , suatu tempat didekat Madinah , beliau bertanya : " Siapa kaum ini ? "  Mereka menjawab : " Kaum muslimin ."  dan mereka bertanya lagi : " Maka seorang wanita memperlihatkan seorang anak kepada Rasulullah dan berkata : " Apakah bagi anak ini ada haji ? " Beliau menjawab : " Ya. , dan bagimu pun ada ganjarannya." ( HR : Muslim ).
     Jadi saudaraku ,  anak kecil boleh saja
( syah ) melakukan ibadah haji , tetapi tidak tergolong wajib.
*  Rasulullah SAW bersabda :
( Artinya ) : " Beliau berkata : " Barangsiapa dari anak-anak yang telah haji , sesudah ia baligh maka hendaklah ia melakukan haji kembali dan barangsiapa dari hamba yang telah haji , kemudian setelah ia dimerdekakan , hendaklah ia pergi haji kembali. " ( HR : Baihaqi )
     Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi artikel religius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.
Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wababarakatuh.
                        *****
*  Bahan -bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIQIH Untuk Madrasah Aliyah .Oleh : Drs H. Moh Rifa'i dan Drs Rs Abdul Aziz. *
                           *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                           *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA