" RUKUN ISLAM LIMA PERKARA "

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad .
Segala puja dan puji hanya milik Allah , tiada Tuhan selain Allah. Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Seperti judul artikel religius ini tersebut diatas , rukun islam itu ada lima.
1.     Syahadat .
Dengan mengucap dua kalimat syahadat
( Syahadatain ) berarti seseorang telah menjadi muslim dan kepadanya diperlakukan semua hukum islam.
*  Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah , dan Muhammad itu adalah utusan Allah. "  ( QS : Muhammad : 19 dan QS : Al-Fath : 29 ).
Penjelasan bahwa tiada  Tuhan selain Allah , Muhammad adalah Rasulullah adalah menjadi dasar keimanan bagi setiap pribadi muslim.
2.     Shalat .
Kewajiban shalat dengan tegas diperintahkan Allah SWT dengan Firman-Nya : ( Artinya ) : "  Dan dirikanlah shalat
, sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar . ( QS : Al-Ankabut : 45 ).
    Shalat yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim adalah shalat yang lima waktu. Yaitu : shalat Subuh , shalat Dzuhur , shalat Ashar , shalat Maghrib dan shalat Isya . Shalat jum'at diwajibkan sekali dalam seminggu.
Selain dari shalat yang wajib , dianjurkan pula melaksanakan shalat rawatib , Idhain  ( Hari Raya Idhul Fitri dan dan Idhul Adha ( Qurban ) , tahajjud  , taraweh
, dan sebagainya . Kafiat atau cara-cara shalat yang dilaksanakan umat islam sesuai dengan shalat yang telah dipraktekkan oleh Nabi Muhammad SAW tanpa mengalami perobahan.
*  Nabi Muhammad SAW bersabda :
( Artinya ) : " Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku shalat. " (  Al-Hadist ).
3.    Zakat .
Sesungguhnya ibadah shalat adalah merupakan ibadah pribadi setiap muslim , sedangkan ibadah zakat adalah berfungsi sosial untuk kemaslahatan umat .Kewajiban berzakat dijelaskan dalam Al-Qur'an .
*   Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Ambilah zakat dari sebahagian harta benda mereka , dengan zakat itu , kamu membersihkan mereka dan mensucikan mereka." (  QS : At-Taubah : 103 ).
4.     Puasa .
Diantara rukun Islam yang lima adalah puasa bulan Ramadhan , hukum melaksanakannya adalah wajib bagi setiap muslim yang sudah dewasa. Ibadah puasa membentuk akhlak yang mulia , disiplin , amanah , dan sebagainya. Perasaan lapar dan dahaga akan menimbulkan jiwa sisial , karena dapat merasakan bagaimana kesulitan fakir miskin yang selalu mengalami lapar haus dan sebagainya.Kewajiban berpuasa dijelaskan dalam Al-Qur'an  :
*  Perhatikan Firman Allah SWT  :
( Artinya ) : " Hai orang-orang yang beriman , diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa ." (  QS : Al-Baqarah : 183 ) .
Ibadah puasa mengandung nilai yang sangat tinggi bagi kehidupan manusia , karena selain dari ibadah dapat membentuk insan taqwa .Pengertian taqwa adalah patuh dan tunduk kepada perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya . Selain daripada itu ibadah puasa memberikan didikan kesehatan jasmani.
*  Rasulullah SAW bersabda :
( Artinya ) : " Berpuasalah kamu agar kamu menjadi sehat ." ( HR: Thabrani ).
Dengan berpuasa sebulan penuh berarti memberikan latihan yang intensif bagi ketahanan jasmani dan rohani serta dapat mengendalikan hawa nafsu yang merupakan sumber kebinasaan manusia.
5.    Haji .
Ibadah Haji wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi muslim yang mampu , melaksanakan Haji berikutnya hukumnya
sunat . Kewajiban menunaikan ibadah Haji dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur'an dengan Firman-Nya :
( Artinya ) : " Mengerjakan ibadah haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan kepadanya." ( Al-Imran : 97 ) .
Ayat diatas mengadung pengertian bahwa kewajiban setiap muslim melaksanakan ibadah Haji dengan syarat:
a.     Sehat rohani dan jasmani
b.     Aman dalam perjalanan
c       Mampu menyediakan beaya , baik bagi mereka yang melaksanakan ibadah
haji maupun bagi keluarga yang ditinggalkan.
      Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         ****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : LINTASAN SEJARAH AL-QUR'AN  . Oleh : Achmad  Syauki *
                          ****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com .*
                           ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA