PERBEDAAN WAHYU DENGAN ILHAM

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad .
Puja dan puji kepunyaan Allah ,  shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
        Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Mengenai hakikat wahyu tidaklah mungkin dapat diketahui manusia biasa , kecuali oleh Nabi ( Rasul ) yang menerima wahyu itu sendiri.
Pengertian wahyu telah banyak dikemukakan oleh para ahli , antara lain adalah :
Wahyu ialah suatu pengetahuan yang diperoleh Nabi ( Rasul ) dengan cara yang sama serta meyakinkan bahwa apa yang mereka terima benar-benar datangnya dari Allah SWT , baik dengan perantaraan ataupun tidak.
Pemberirahuan tersebut terdapat dalam Firman Allah SWT surat Asy-Syura ayat 51 .  ( Artinya ) : " Dan tidak ada bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata -kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau dibelakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan ( malaikat ) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. " ( QS : Asy-Syura : 51 ).
       Ilham adalah suatu perasaan halus yang diyakini oleh jiwa dan terdoronglah keinginan untuk mematuhi kehendak ilham itu tanpa merasakan dari arah mana datangnya. Ternasuk pengertian ilham peristiwa mimpi yang dialami Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya ( Ismail ).
      Firman Allah SWT didalam kitab suci Al-Qur'an surat Al-Shaffat ayat 102  :
( Artinya ) : " Maka tatkala anak itu sampai ( pada umur sanggup ) berusaha bersama-sama Ibrahim berkata : " Hai anakku , sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah bagaimana pendapatmu ." Ia menjawab : " Hai bapakku , kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu , insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. " ( QS : Al-Shaffat : 102 ).
       Sampai disini saya sudahi tulisan  ( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                            *****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Lintasan Sejarah Al -Qur'an " Oleh : Achmad Syauki . *
                              *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com. *
                                *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA