NAMA LAIN AL-QUR'AN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji hanya milik Allah , tiada Tuhan selain Allah. Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW dengan bermacam -macam nama antara lain :
     a.    Al-Furqon , nama tersebut antara lain dapat dibaca dalam surat Al-Furqon , ayat 1.  ( Artinya ) : " Maha Suci ( Allah ) yang telah menurunkan Al-Furqon kepada hamba-Nya , agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam ". ( QS : Al-Furqon : 1 ).
       b.     Al-Kitab , nama tersebut antara lain dapat dibaca dalam surat An-Nahl , ayat 89 . ( Artinya ) : " Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat serta khabar gembira bagi orang -orang yang berserah diri.( kepada Allah )." ( QS : An-Nahl : 89 ).
          c.      Al-Dzikir , nama tersebut antara lain dapat dibaca dalam surat Al-Hijr , ayat 9.  ( Artinya ) : "  Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Dzikir ( Al-Qur'an ) dan sesungguhnya Kami ( pulalah ) yang menjaganya. " ( QS : Al-Hijr : 9 ).
            d.      Al-Qur'an , nama tersebut antara lain dapat dibaca dalam surat Al-Baqarah ayat 185 .   ( Artinya ) : " Bulan Ramadhan , yaitu bulan yang diturunkan kepadanya Al-Qur'an ( permulaan ) sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda ( antara yang hak dan yang bathil ).(  QS : Al-Baqarah : 185 ).
Allah SWT menurunkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril secara berangsur-angsur dalam jangka waktu lebih kurang 23 tahun di Mekkah dan 10 tahun waktu beliau sudah hijrah ke Madinah.
Ayat pertama diterima Nabi Muhammad SAW adalah surat Al-Alaq ayat 1 -5 .
  *  Firman Allah SWT :
( Artinya ) :    1.  " Bacalah dengan ( menyebut ) nama Tuhanmu yang menciptakan .
2.    Dia menciptakan manusia dari segumpal darah.
3.    Bacalah , dan Tuhanmu yang paling
        Pemurah .
4.      Yang mengajarkan ( manusia ) dengan perantaraan kalam.
5.      Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
      Ayat tersebut turun di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan tahun ke 41 dari kelahiran Nabi , bertepatan dengan tanggal 6 Agustus tahun 610 Masehi.
Demikianlah secara berangsur-angsur ayat Al-Qur'an diterima Nabi Muhammad SAW , sehingga sampai kepada ayat yang terakhir . Menurut jumhur Ulama ayat yang terakhir adalah surat Al-Maidah ayat 3 : Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu , dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku , dan telah Kuridhoi Islam itu jadi agama bagimu." ( QS : Al -Maidah :  3 ).  Ayat tersebut diturunkan pada tanggal 9 Dzulhijjah 632 Masehi di Padang Arafah pada saat Nabi Muhammad SAW melaksanakan Haji Wada' . Kebenaran dan kemurnian Al-Qur'an dijamin oleh Allah SWT sebagaimana yang dinyatakan dalam surat Al-Baqarah , ayat 147 sebagai berikut  :
( Artinya ) : " Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu , sebab itu janganlah kamu termasuk orang yang ragu." ( QS : Al-Baqarah : 147 ).
    Sampai disini saya akhiri  tulisan ( religius ) ini terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                          ****
*  Bahab-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Lintasan Sejarah Al -Qur-an  ".Oleh : Achmad Sauki .*
                            ****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot com. *
                            ****

                          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA