JUMLAH AYAT AL-QUR'AN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji hanya milik Allah , hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Sidang pembaca yang terhormat.
Menurut penelitian para ahli ( Ulama ) , mereka sependapat bahwa Al-Qur'an terdiri dari 30 juz dan 114 surat .Adapun mengenai jumlah ayat mereka berbeda pendapat. Diantara mereka ada yang berpendapat Al-Qur'an berjumlah 6236 ayat (  Makkiyah 4631 ayat dan Madaniyah 1623 ayat ) .Sebahagian mereka ada yang berpendapat berjumlah 6277  ayat , ada yang mengatakan 6218 ayat , bahkan ada pula yang berpendapat 6204 ayat .
       Walaupun terjadi perbedaan pendapat mengenai jumlah ayat , namun tidak akan mempengaruhi bagi isi Al-Qur'an itu sendiri , dengan pengertian bahwa ayat Al-Qur'an tidak akan bertambah maupun berkurang .Timbulnya perbedaan pendapat dikarenakan sebahagian sahabat yang mendengar bacaan Nabi berbeda pendapat tentang waqaf dan washal dari bacaan tersebut. Sebagian sahabat beranggapan bahwa dalam rentetan bacaan tersebut merupakan satu ayat , sedangkan sahabat lainnya sudah merupakan dua ayat atau lebih.
     Demikian juga mengenai huruf -huruf pembukaan yang terdapat dalam surat-surat Al-Qur'an , sebagian mereka beranggapan terdiri dari satu ayat , sedangkan pendapat lainnya bukan merupakan ayat tersendiri. Itulah sebab-sebab yang menimbulkan perbedaan pendapat mengenai jumlah ayat Al-Qur'an .
Jumlah kalimat dalam Al-Qur'an adalah sebanyak  77.934 buah kalimat , sedangkan huruf-hurufnya berjumlah 323.015 buah huruf.
Sebahagian dari ayat-ayat yang panjang dan ada yang pendek .
Pada umumnya ayat-ayat yang panjang terdapat dalam surah-surah yang panjang , demikian pula ayat-ayat yang pendek terdapat dalam surah-surah yang pendek.
Ayat yang paling panjang dalam Al-Qur'an ialah ayat yang berkenaan dengan masalah hutang-piutang yang terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 282 , terdiri dari 128 kalimat . Adapun ayat yang terpendek adalah kalimat yang terdapat pada permulaan surah Yaa-Siin.
     Saudaraku sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini .Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                           ****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Lintasan Sejarah Al -Qur'an ." Oleh : Achmad Syauki . Peberbit : PT Renjeni Abadi . Anggota IKAPI DKI Jakarta .*
                             *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com .  *
                              *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA