ISI ATAU KANDUNGAN AL-QUR'AN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Segala puja dan puji kepunyaan Allah , hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sesama muslim muslimah. Sesuai judul tulisan , kali ini saya akan menyampaikan setentang isi atau kandungan Al-Qur'an sebagai berikut :
Apabila kita membaca kitab ( buku-buku ) yang berhubungan dengan Al-Qur'an , maka kita dapat mengemukakan beberapa pendapat para ulama tentang isi Al-Qur'an , antara lain dikemukakan :
1.    Aqidah yang mewajibkan beriman kepada Allah , malaikat , kitab-kitab , Rasul-rasul dan Hari Akhirat .Ini merupakan garis pemisah antara iman dan kafir seperti yang termasuk dalam rukun iman.
2.    Ibadah , sebagai perbuatan yang menghidupkan aqidah dalam hati serta meresapkannya didalam jiwa.
3.    Janji dan ancaman , Al-Qur'an menjanjikan pahala bagi mereka yang mengamalkan perintah Al-Qur'an , dan mengancam mereka yang mengingkarinya dengan siksaan . Janji Allah berlaku bagi orang perorangan maupun bagi suatu bangsa keseluruhannya. Baik merupakan janji kenikmatan dunia maupun kenikmatan akhirat.
4.    Jalan-jalan mencapai kebahagiaan dunia maupun akhirat , karena itu Al-Qur'an berisi peraturan-peraturan , hukum-hukum . Peraturan -peraturan dan hukum tersebut ada yang mengatur hubungan manusia dengan Allah ( vertikal ) dan hubungan antara sesama umat manusia ( horisontal ).
5.     Riwayat dan cerita , yaitu sejarah orang-orang yang tunduk dan patuh kepada Agama Allah SWT , serta menjalankan hukum-hukum-Nya seperti para Nabi-nabi , Rasul-Rasul dan orang-orang yang shaleh. Maksud dari riwayat tersebut untuk menjadi contoh tauladan bagi mereka yang mendambakan kebagagiaan.
        Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini ,  terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.
Jumpa lagi kita , insya Allah dikesemparan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wassalamualalaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                             ****
*   Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : LINTASAN SEJARAH  AL-QUR'AN  . Oleh : Achmad Syauki . *
                              *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com *
                              *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA