DEFINISI AL-QUR'AN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji hanya milik-Nya , Tuhan Seru Sekalian Alam. Dia pencipta langit dan bumi , Dia penguasa tunggal dihari pembalasan nanti .Dia itu Maha Dzat , yaitu Allah SWT. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita , junjungan umat , Nabi termulia , Rasul paling Agung yaitu Baginda sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sesama muslim muslimat. Al-Qur'an selaku kitab suci umat Islam wajib dipelajari , dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan pribadi , rumah tangga maupun dalam masyarakat. Allah SWT telah menurunkan Kitab-Nya yang terakhir untuk menyempurnakan kitab suci yang pernah diturunkan sebelumnya. Para Ahli telah mengemukakan beberapa definisi Al-Qur'an  , antara lain menyatakan :
( Artinya ) : "  Al-Qur'an adalah Firman Allah SWT yang berfungsi mu'jizat , diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW tertulis dalam mushaf , diriwayatkan dengan jalan mutawatir dan dipandang beribadat membacanya. "
      Kesucian Al-Qur'an tetap terpelihara sepanjang masa , baik huruf maupun kalimatnya , hal ini sesuai dengan Firman-Nya dalam Al -Qur'an :
( Artinya ) : " Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Dzikir ( Al-Qur'an ) dan sesunggauh Kami ( pulalah ) yang menjaganya. " ( QS : Al-Hijr : 9 ).
       Ketinggian bahasa dan isi Al- Qur'an merupakan stimulasi para Ulama , Sarjana dan Sastrawan untuk menterjemahkan kedalam berbagai bahasa , dengan maksud agar isi Al-Qur'an lebih mudah dapat dimengerti dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Seperti dikatakan diatas , bahwa sebagai Kitab Suci umat Islam Al-Qur'an wajib dipelajari , dihayati dan diamalkan dalam kehidupan pribadi , rumah tangga maupun dalam masyarakat .
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi tulisan ( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamuakaikum warahnatullahi wabarakatuh.
                            ****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Lintasan Sejarah Al-Qur'an . "  Oleh : Achmad Syauki .
( Bahan  Bacaan Untuk Guru dan Siswa Tingkat Dasar .) *
                               ****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com. *
                                ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA