APA MAKSUD DITURUNKAN AL-QUR'AN ?

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji hanya milik Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam . Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Sidang pembaca yang terhormat.
Allah SWT menurunkan Al-Qur'an kedalam dunia ini dengan maksud dan tujuan yang mulia sebagai petunjuk dan pedoman bagi kehidupan manusia.
Petunjuk Al-Qur'an mencakup segala aspek kehidupan manusia , baik kehidupan manusiawi maupun ukhrawi .
Untuk mencapai kebahagiaan tersebut kepada setiap pribadi muslim dituntut untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an secara konsekwen dalam kehidupan sehari-hari.
     Para Ulama telah mengemukakan maksud diturunkan Al-Qur'an , antara lain dikemukakan :
1.     Sebagai mukjizat atas kebenaran Rasul dalam mengemban risalah dan menyampaikan apa-apa yang diterima dari Allah SWT.
2.     Agar Al-Qur'an sebagai sumber petunjuk dan sebagai sumber syariat dan hukum-hukum yang harus diikuti dan dijadikan pedoman dalam kehidupan manusia.
     Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam surat An-Nahl ayat 89  :
( Artinya ) : "  ( Dan ingatlah ) akan hari ketika Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat saksi atas mereka dari mereka sendiri.Dan Kami datangkan kamu ( Muhammad ) menjadi saksi atas seluruh umat manusia .Dan Kami turunkan Al-Kitab ( Al-Qur'an ) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri ( kepada Allah )".( QS : An-Nahl : 89 ).
      Kesempurnaan dan kelengkapan isi Al Qur'an menunjukkan bahwa ia bersifat dinamis , sesuai pada setiap waktu dan tempat , setiap masa dan zaman .
Kalimat demi kalimat , ayat demi ayat tidak mungkin dapat diuraikan , ditafsirkan atau diinterprestasikan secara mutlak dan final .Al-Qur'an membuka tabir , sekaligus memberi petunjuk dan penjelasan kepada manusia untuk memperoleh kebahagiaan baik kehidupan dunia maupun akhirat. Dengan demikian Al -Qur'an bukanlah sekedar untuk disimpan  ditempat tertentu , tetapi adalah untuk dibaca , dipelajari , direnungkan segala isi dan kandungannya serta diperaktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
    * Allah SWT berfirman didalam kitab suci Ak-Qur'an :
( Artinya ) : " Sesungguhnya Al-Qur'an ini memberi petunjuk kepada ( jalan ) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar." ( QS : Al-Israa : 9 ).
          Sampai disini saya sudahi tulisan ( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan . Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .
                           ****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Lintasan Sejarah Al-Qur'an .Oleh : Achmad Syauki . *
                           *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                             ****
                            ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA