AL-QUR'AN SEBAGAI SUMBER ILMU PENGETAHUAN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji kepunyaan Allah ,  Tuhan seru sekalian alam . Hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan .
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sesama muslim muslimah . Al-Qur'an secara tegas memerintahkan manusia untuk menuntut ilmu pengetahuan.Tetapi ayat-ayat yang menyuruh untuk berfikir , mengambil i'tibar ( pelajaran ) , menggunakan akal cukup banyak terdapat dalam Al-Qur'an .Diantara ayat-ayat tersebut adalah sebagai berikut:
*  Allah SWT berfirman :
( Artinya ) : " Apakah mereka tidak memperhatikan Unta bagaimana dia diciptakan . Dan langit bagaimana dia ditinggikan .Dan gunung-gunung bagaimana dia ditegakkan.Dan bumi bagaimana dia dihamparkan. " ( QS : Al-Ghasyiyah : 20 ).
*  Dan Firman-Nya  :
( Artinya ) : " Apakah ( mereka lalai ) dan tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi dan segala sesuatu yang diciptakan Allah ." ( QS : Al-A'raf : 185 ).
Pada ayat diatas dengan tegas menganjurkan supaya manusia mempergunakan akalnya untuk memikirkan bumi , langit dan segala sesuatu yang dijadikan Allah SWT.
Bahkan ayat diatas menganjurkan menuntut berbagai ilmu pengetahuan seperti ilmu alam ,  hewan dan lain sebagainya  Dengan mempelajari berbagai ilmu pengetahuan , akan menambah keimanan kepada Allah SWT disamping itu , kekayaan alam semesta dapat diolah dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan umat manusia antara lain listrik , minyak , batubara , atom dan sebagainya.
Dengan demikian jelaslah bahwa apa-apa yang ada dilangit seperti udara dan apa yang ada dibumi seperti logam , minyak , batu bara dan sebagainya disediakan Allah SWT untuk kepentingan manusia.Tetapi semua itu baru dapat dimanfaatkan apabila manusia berilmu pengetahuan dan teknologi tinggi. Hadist Nabi SAW menganjurkan untuk menuntut ilmu pengetahuan , antara lain beliau bersada : ( Artinya ) : " Tuntutlah ilmu itu walaupun di negeri China ." ( HR :
Ibnu Abdul Basr ).
*   Dan sabdanya :
( Artinya ) : " Tuntutlah ilmu itu sejak dari ayunan sampai liang lahat ( mati ) " .( HR :  Baihaqi ) .
Dengan penjelasan Hadist diatas nyatalah bahwa agama islam memerintahkan menuntut berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk pribadi , masyarakat , bangsa dan umat manusia .
     Saudaraku  , sampai disini saya sudahi dulu tulisan regilius ini.Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum wsrahmatullahi  wabarakatuh.
                              ****
* " Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Lintasan Sejarah Al-Qur'an ."  Oleh : Achmad Syauki . *
                              ****
*  Artikel Religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot : com. *
                             ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA