" TURUNNYA WAHYU PERTAMA "

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji hanya milik Allah , hanya kepada-Nya kami menyembah dan hanya kepada-Nya kami memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Semenjak pernikahannya dengan Khadijah , pemuda Muhammad giat berdagang. Selain itu Muhammad sering memikirkan keadaan masyarakat yang gemar menyembah patung , berjudi , mabuk , menipu dan sebagainya.
Didalam jiwa Muhammad sudah tertanam tauhid , artinya Allah Yang Maha Esa yang harus disembah.
Pada usia 40 tahun itu Muhammad sering tafakur di Gua Hira . Dalam tafakurnya itu Muhammad memohon kepada Allah agar diberikan petunjuk untuk memperbaiki keyakinan masyarakat yang sudah jauh dari petunjuk Allah.
     Pada suatu malam tanggal 17 Ramadhan ketika Muhammad berdoa di Gua Hira , datanglah Malaikat Jibril , menunjukkan sehelai kain putih yang bertuliskan wahyu Allah dan berkata : " Bacalah ! "  Kata Muhammad : " Aku tidak dapat membaca ." Jibril memeluk Muhammad erat-erat sehingga nafasnya terasa sesak .
Malaikat Jibril berkata lagi : " Bacalah ! " Kata Muhammad : " Aku tidak dapat membaca." Sampai tiga kali Malaikat Jibril menyuruh Muhammad membaca tulisan itu dan Muhammad selalu menjawab tidak dapat membacanya , kemudian malaikat membacakan tulisan itu diikuti Muhammad.
Tulisan itu berupa wahyu Allah yang berbunyi :
1.   Iqra' bismi rabbikal -ladzii khalaq .
2.    Khalaqal insaana min  'alaq .
3.     Iqra'  warabbukal -akram.
4.     Alladzi  'allama  bil qalam
5.     Allamal insaana maa lam ya'lam.
( Artinya ) : " Bacalah dengan nama Tuhan Yang Maha Pencipta. Tuhan telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah . Tuhanmu Yang Mahamulia.Yang mengajar manusia apa yang belum diketahuinya."
       Wahyu diatas merupakan wahyu pertama yang diterima Muhammad dan pada saat itulah Muhammad menjadi Nabi ketika berusia 40 tahun. Setelah Nabi Muhammad SAW kedatangan malaikat Jibril beliau merasa takut dan khawatir sampai badannya menggigil .Beliaupun segera pulang kerumah dan menceritakan peristiwa Gua Hira kepada istrinya.Cerita tersebut disambut oleh Khadijah dengan tenang.Istri Nabi ini kemudian memberi nasihat agar tenang. Sementara itu ia mendatangi saudara sepupunya yang ahli dalam kitab Injil dan Taurat.Saudaranya itu bernama  Waraqah . Kepada Waraqah Khadijah menanyakan peristiwa Gua Hira.
     Waraqah tertegun sejenak kemudian berkata : " Hai Khadijah , suamimu itu kelak akan menjadi Rasul Allah sebagaimana yang telah dijanjikan kedatangannya dalam kitab Injil dan Taurat.Dan ketahuilah
dia nanti akan dimusuhi dan diusir oleh kaumnya seperti Rasul-rasul sebelumnya .Kalau aku diberi umur panjang , aku akan membelanya.
Mendengar keterangan Waraqah tersebut, Khadijah segera pulang dan menceritakan kembali kepada Nabi Muhammad SAW . Nabi SAW pun menjadi tenang.
     Setelah wahyu pertama turun , lama sekali baru turun wahyu berikutnya yang memerintahkan Nabi berdakwah. Wahyu-wahyu tersebut adalah :
Surat Al Mudasir ayat 1 - 2 . Yaa ayyuhal muddassir  Qum fa anzir.
( Artinya ) : " Hai orang yang berselimut .Bangunlah , lalu berilah peringatan . "
Juga surat Asy Syu'ara ayat 214 .
Wa anzir ' asyiratakal aqrabin .
( Artinya ) : "  Dan berilah peringatan saudara-saudara yang lebih dekat ( agar masuk Islam ).
Setelah wahyu-wahyu tersebut turun Nabi Muhammad terus berdakwah .Dakwah Nabi itu ditujukan pertama-tama kepada keluarga , kemudian kepada teman-teman dekat.Diantara keluarga Nabi yang mula-mula memeluk agama Islam adalah Khadijah , dan Ali bin Abi Thalib ( saudara sepupu ) dan Zaid bin Kharisah seorang hamba sahaya. Dari kalangan sahabat atau teman dekat adalah Abu Bakar Siddiq , Talkah dan Zubair bin Awam dan lain-lain.Itulah orang-orang yang pertama kali mengikuti dakwah Nabi Muhammad SAW .
Diantara mereka yang paling berjasa adalah Khadijah ra karena selain sebagai istri Nabi , juga sebagai pendukung dana atau beaya dakwah yang muls-mula.
     Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengab tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                       *****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam .Oleh : Drs Asdiah Suparya dkk . *
                         *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                         *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA