SUJUD TILAWAH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad.
Pertama-tama kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT.
Karena dengan sebab Karunia , serta Kasih Sayang Nya lah saya dapat menyusun artikel ( religius ) ini .
Dan  saat ini tidak mustahil artikel berjudul tersebut diatas sudah berada dihadapan antum , sidang pembaca. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita , junjungan umat .Nabi termulia , Rasul paling Agung yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya .
      Sidang pembaca yang terhormat
Sujud Tilawah secara bahasa berarti sujud bacaan.Menurut istilah , sujud Tilawah adalah sujud yang sunat  dikerjakan oleh orang yang membaca atau mendengar ayat -ayat Sajadah. Apabila orang yang membaca ayat sajadah melakukan sujud , mereka yang mendengar harus sujud pula.Akan tetapi , apabila yang membaca tidak sujud , yang mendengarpun tidak disunatkan sujud. Sujud Tilawah dapat dilakukan ketika shalat ataupun diluar shalat. Pelaksanaannya diawali dengan takbir kemudian sujud , lalu berdiri lagi untuk melanjutkan shalat.Orang boleh shalat dengan sengaja membaca ayat sajadah untuk sujud Tilawah dalam shalat.Jika mengerjakan sujud Tilawah diluar shalat ada beberapa syarat dan rukunnya.
       Syarat-syarat sujud Tilawah ada empat : Yaitu islam , suci dari hadast dan najis , menghadap kiblat dan menutup aurat.Adapun rukun sujud Tilawah ada empat : Yaitu niat , takbiratul ihram , sujud dan memberi salam sesudah duduk.
Apabila kita sedang membaca Al Qur'an dan menemukan ayat-ayat yang berhubungan dengan masalah sujud  ( sajadah ) maka kita disunahkan untuk segera bersujud. Hal ini sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW berikut :
( Artinya ) : " Dari Ibnu Umar : Bahwa sesungguhnya Nabi SAW pernah membaca Al-Qur'an didepan kami , ketika beliau melalui ( membaca ) ayat sajadah beliau takbir , lalu sujud , kami pun sujud pula bersama-sama beliau ." ( HR : Turmidzi ).
Bacaan sujud Tilawah ialah :
" Sajada wajhiya lilladzii khalaqohu wa syaqqo sam'ahu wabasorohu bihaulihi waquwwatihi ."
( Artinya ) : " Aku sujud kepada Tuhan yang menjadikan diriku. Tuhan yang membukakan pendengaran dan penglihatan dengan keadaan kekuasaan-Nya." ( HR :  Turmidzi ).
     Ayat-ayat  Sajadah diantaranya  adalah :
" Surat Al-A'raf ayat 206 , surat Ar-Ra'du ayat 15 , surat An-Nahl ayat 50 , surat Al-Isra' ayat 109 , surat Maryam ayat 58 dan surat Al-Hajj ayat 18 .Sebenarnya masih banyak lagi ayat-ayat Sajadah lainnya , tapi dikesempatan ini hanya ini saja yang saya ketengahkan .
     Sampai disini saya akhiri tulisan religius ini , terima kasih segala perhatian , mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi  kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain . Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .
                           *****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam . Oleh : Drs Ahmad Syafi'i Mufid , M.A. dkk . *
                            ******
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                            *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA