SHALLUU KAMAA RA AYTUMUUNI USHALLII

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji hanya milik Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Syarat untuk shalat ada 6 ( enam ) , yaitu :
1.     Suci badan , pakaian dan tempat dari najis. Karena kita akan menghadap Tuhan Yang Maha suci.
2.      Mandi janabah bagi yang berhadast besar.
3.      Mengambil air wudhu ( berwudhu ) , bertayamum bagi yang berhalangan berwudhu.
4.     Menutup Aurat
5.     Sudah masuk waktu shalat
6.     Menghadap ke Kiblat .
       Berapa kalikah orang beragama itu shalat dalam sehari semalam?
Tuhan Yang Maha Esa mewajibkan atas manusia menyembah-Nya 5 x dalam sehari semalam , tepat pada tiap-tiap waktu yang telah ditentukan oleh Allah SWT .
Perhatikan Firman-Nya :
( Artinya ) : " Sesungguhnya shalat itu diwajibkan atas setiap orang beriman tepat pada tiap-tiap waktu yang telah ditentukan." ( QS : An Nisa : 103 ).
Sementara nama dan rakaat shalat sebagai berikut :
Dzuhur 4 rakaat , Ashar 4 rakaat , Magrib 3 rakaat , Isya 4 rakaat dan shalat Subuh 2 rakaat.
Berapakah jumlah seluruh rakaatnya ? Jumlah seluruhnya 17 rakaat . Apa arti rakaat itu ? Rakaat artinya ruku' .Jika shalat diwaktu Dzuhur banyaknya 4 rakaat , berarti 4 x ruku ' . Apakah tujuan shalat itu ?  Tujuannya ialah untuk berbakti kepada Allah . Yaitu melaksanakan perintah Allah SWT dan mentaati didikan Nabi SAW. Apakah maksudnya shalat ? Maksudnya yaitu untuk mengingat dan menyebut Allah . Mengagungkan dan mensucikan-Nya. Dengan memakai lidah , hati dan anggota badan sekaligus.
    * Nabi Muhammad SAW bersabda: ( Artinya ) : " Shalat itu adalah tiang agama .Barangsiapa yang menegakkan shalat sungguh ia telah mendirikan agama. Dan barangsiapa yang meninggalkan shalat sungguh ia telah meruntuhkan agama atau belum beragama."  ( Al-Hadist ).
Bagaimanakah halnya jika kadang-kadang shalat , tempo -tempo tidak shalat ? Artinya tempo-tempo kita beragama , tempo-tempo kita jadi komunis. Kadang-kadang seperti Iblis kadang-kadang jadi manusia.
Apakah shalat orang Islam itu dikarang oleh Nabi Muhammad ? Jawabnya :  Tidak ! Cara dan bacaan dalam shalat itu diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi SAW. Apakah orang Islam menyembah berhala ? Jawabnya : Tidak ! Orang Islam menyembah Allah SWT. Batu hitam ( Ka'bah ) itu adalah Qiblat .Artinya persatuan arah menghadap yang diperintahkan oleh Allah.
        Cara shalat dalam ajaran Islam itu sangat berat, bolehkah kita shalat dengan cara sendiri ? Jawabnya : Tidak boleh ! Karena Allah yang mengatur bagaimana cara manusia beribadah ( berbakti ) kepada-Nya.Bukan makhluk yang mengatur Khalik , tetapi Khalik yang mengatur makhluk.
Orang yang beragama tidak boleh shalat menurut kemauan sendiri.
Semuanya telah ada contoh dari Nabi Muhammad SAW .
*  Rasulullah SAW bersabda :
" Shalluu kamaa ra aytumuuni ushallii "
( Artinya ) : " Shalatlah olehmu sebagaimana kamu lihat aku shalat." ( HR : Baihaqi ).
    Saudaraku , sidang pembaca. Sampa disini saya sudahi tulisan religius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamuakaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                          *****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Cakap Membaca Dan Menulis  Huruf Al-Qur'an .Oleh : SAADAN RAHMANY.
                           *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com  *
                          *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA