SELAMAT IDHUL FITRI 1436 H

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji hanya untuk Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam. Syukur alhamdulillah , saya panjatkan kehadirat-Nya.Berkat rahmat , dan maunah-Nya lah saya dapat menyusun artikel religius ini dengan lancar , diberi kemudahan dan tanpa kesulitan sedikitpun.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
       Sidang pembaca yang  terhormat. Ketika saya menulis artikel ini , kita sudah beberapa hari memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan .Itqun minan naar , terbebas dari siksa api Neraka. Itu artinya , saat atau waktu-waktu sekarang inilah iman kita benar-benar sedang teruji.Mudah-mudahan dengan tetap istiqomah ujian yang bagaimanapun beratnya , insya Allah kita akan dapat melewatinya dengan baik.
Saudaraku , sekedar mengingatkan yaitu apabila kita sudah selesai melaksanakan puasa Ramadhan .
Maka , hadapilah hal-hal tersebut dibawah ini :
1.    Allah memerintahkan kita mengakui kebesaran-Nya dengan mengumandangkan takbir dengan gema yang memecahkan kesunyian dan menggemparkan syetan-syetan yang rajim.
2.     Allah memerintahkan kita mensyukurinya dengan bertahmid dan berdzikir.
3.     Allah memerintahkan kita memohonkan ampun dan beristighfar.
4.     Allah memerintahkan kita mengeluarkan sodaqotul fitri ( zakat fitrah ).
Ingatlah saudaraku , bahwa istighfar menampakkan puasa .Bahwa zakat fitrah mensucikan kita dari perkataan keji dan perbuatan yang tidak senonoh. Tegasnya hendaklah kita melepas bulan Ramadhan dengan membawa besertanya berbagai rupa amalan yang shaleh yang akan menjadi saksi dihadapan Allah , betapa kita melepas bulan Ramadhan ? Kita melepas bulan Ramadhan dengan seindah-indah tahiyah dan salam .
* Diriwayatkan dari Sayyidina Ali bin Abu Thalib bahwa beliau berseru dimalam penghabisan dibulan Ramadhan dengan seruannya :
" Dapatkah kiranya aku mengetahui , siapakah gerangan yang telah pasti diterima puasanya , supaya aku mengucapkan tahni'ah berbahagia ? Siapakah gerangan yang bernasib malang , supaya aku bersenangkan hatinya ? ."
* Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau berseru diakhir Ramadhan :
" Wahai saudara-saudara yang telah diterima Allah puasanya , bersenang gembiralah engkau dan selamat berbahagialah engkau.Tetapi wahai orang yang ditolak amal puasanya, mudah-mudahan Allah akan menutup bencana yang telah menimpa engkau."
Dan hendaklah kita melepas puasa itu dengan rasa cemas dan harap .
Cemas karena takut tidak diterima puasa yang sudah kita kerjakan .
Harap , mudah-mudahan Allah dengan limpah karunia-Nya dapat menerimanya walaupun puasa kita tidak sepertinya ...
    Sekarang kita simak sebuah Hadist dari sahabat Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda :
( Artinya ) : " Bulan Ramadhan adalah bulan yang Allah telah memfardhukan atasmu berpuasa didalamnya dan aku telah mensunahkan bagimu berdiri dan beribadah dimalamnya.Barangsiapa berpuasa dan bershalatul qiyam dimalamnya karena iman dan karena mengharapkan Allah, niscaya ia keluar dari dosanya sebagai hari dilahirkan oleh ibunya."( HR : Ibnu Khuzaimah ) .
     Sesuai Hadist tersebut diatas .Itu artinya , apabila kita berpuasa sebulan penuh , kemudian pada malam harinya senantiasa kita shalat sunat Taraweh ( shalatul qiyam ), tahajud , beristighfar , berdzikir , membaca Al-Qur'an serta beri'tikaf , menambahkan ihsan dan membanyakkan sodaqoh.Semata-mata kita lakukan karena iman kepada Allah, mengeluarkan zakat ( zakat maal , zakat fitrah ), kemudian pada tanggal 1 Syawal kita pergi ke Masjid ( lapangan yang diperuntukkan untuk shalat sunat Ied ) ( Idhul fitri ) .
Selesai shalat kita saling bersalaman , saling bermaaf-maafan .Minal 'aidin wal faizin , mohon maaf lahir bathin. Taqabbalallahu minna waminkum , taqobballahu Yaa Kariim , maka seluruh dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT dan kita akan menjadi suci bersih kembali. Suci seperti seorang bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.Subhanallah ! Jangan lupa , tanggal 2 s.d. tanggal 7 Syawal kita lanjutkan dengan puasa sunat 6 ( enam ) hari ( Syawalan ) . Didalam sebuah Hadist dikatakan, inilah puasa sepanjang masa . Selamat Idhul Fitri 1436 H .
      Sampai disini saya sudahi tulisan (religius ) ini . semoga bermanfaat , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                      *****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Meraih Menggapai Pahala .Jilid 1 0leh : H.Sunaryo A.Y. *
                        *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com * .
                         ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA