QURBAN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji kepunyaan Allah , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah kami menyembah dan hanya kepada-Nya kami memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sesama muslim muslimat . Qurban dari segi bahasa artinya dekat , mendekatkan diri.
Sedangkan menurut syara' berarti menyembelih hewan dengan tujuan untuk ibadah kepada Allah SWT pada hari Raya Idhul Adha dan hari-hari Tasyrik yaitu tanggal 11-12-dan tanggal 13 Dzulhijjah.
Qurban disebut juga Udhiyah.
Hukum berkurban ialah sunnat mu'akad.
Ibadah Qurban itu tidak hanya disyariatkan kepada umat islam saja , tetapi umat -umat terdahulu sebelum Nabi Muhammad SAW pun diperintahkan berkurban.
* Perhatikan Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Dan bagi tiap-tiap umat Kami jadikan tempat berkurban ( supaya ia berqurban ) , agar ia mengingat nama Allah atas apa yang telah direzekikan kepada mereka dari binatang ternak." ( QS : Al- Hajj : 34 ).
Bagi yang memiliki kemampuan maka Qurban tidak hanya untuk sekali saja , melainkan disunahkan untuk setiap tahun.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
( Artinya ) : " Hai manusia sesungguhnya atas tiap-tiap rumah pada setiap tahun disunahkan berqurban. " ( HR : Abu Daud).
Orang yang berkemampuan tetapi tidak mau berqurban , maka sangat dibenci Rasulullah SAW sebagaimana sabda Nabi SAW :
( Artinya ) : " Barangsiapa yang mempunyai kecukupan untuk berqurban dan ia tidak suka berqurban , maka janganlah dekat-dekat di tempat shalatku. " ( HR : Ahmad , Ibnu Majah dan di syahkan oleh Hakim. )
     Sementara sejarah disyariatkan nya Qurban adalah : Pada suatu hari Nabi Ibrahim mimpi akan menyembelih putranya yang bernama Ismail , lalu dibicarakan dengan putranya.Putra Nabi Ibrahim taat dan siap dengan katanya : " Kalau memang Tuhan yang menyuruh ayah untuk menyembelih saya , laksanakanlah."
Lalu Nabi Ibrahim membawa putranya kesuatu tempat .Ketika pisau sudah diletakkan dileher Nabi Ismail , tiba-tiba seekor qibasylah yang terpotong sedangkan Nabi Ismail selamat.
Qurban yang disyariatkan kepada umat Nabi Muhammad SAW untuk mengingatkan kembali nikmat Allah kepada Nabi Ibrahim As karena taat dan patuhnya kepada Allah . Tuhan Yang Maha Esa dan untuk bertaqarrub ( mendekatkan diri ) kepada Allah .Maka binatang ternak yang akan dijadikan Qurban itu hendaklah dipilih yang baik.
Sekurang-kurangnya qurban ialah seekor Kambing untuk satu orang dan boleh seekor Unta atau Sapi atau seekor Kerbau untuk korban tujuh orang.
*  Dalam sebuah Hadist disebutkan :
( Artinya ) : " Dari Jabir ra ia berkata : " Kami pernah melakukan qurban bersama Rasulullah SAW pada tahun Hudaibiyah dengan seekor Unta untuk tujuh orang dan seekor Sapi untuk tujuh orang. " ( HR
:  Muslim ).
      Sampai disini saya sudahi dulu tulisan ( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                          *****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIQIH .Oleh : Drs H.Moh. Rifa'i dan Drs Rs Abdul Aziz. *
                           *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                           ******
                            ****

 
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA