PEMAAF

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji hanya milik Allah SWT , hanya kepada-Nya kami menyembah dan hanya kepada-Nya kami memohon pertolongan . Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sesama muslim muslimat. Pemaaf artinya orang yang suka memaafkan orang lain.
Memaafkan orang lain merupakan perbuatan yang baik dan termasuk akhlak yang terpuji. Selain itu , memaafkan orang lain yang patut dimaafkan termasuk sifat dan akhlak Rasulullah SAW. Dalam perjalanan hidupnya , Rasulullah SAW selalu memaafkan orang lain. Penduduk Mekkah dahulu memusuhi Nabi SAW dengan begitu kejam dan menyakitkan hati , tetapi setelah ditaklukkannya kota Mekkah , semua dimaafkan oleh Rasulullah SAW. Beliau tidak membalas dendam , walaupun telah memperoleh kemenangan . Sebaliknya , Rasulullah SAW memberikan maaf kepada mereka dengan lapang dada.
     Begitu juga ketika Nabi Muhammad SAW berada dikota Thaif . Beliau berdakwah mengajak penduduk kota tersebut untuk beriman dan menyembah Allah SWT. Namun , masyarakat kota itu menolak ajakan dan dakwah Rasulullah.
Bahkan mereka melempari dengan batu sehingga kaki Nabi SAW berdarah.
Rasulullah SAW diusir untuk pergi meninggalkan Thaif. Apa yang dilakukan oleh Nabi SAW ?  Beliau memanjatkan doa kepada Allah dengan doanya yang sangat terkenal , yaitu :
" Allahummahdi qaumii fa innahum laa ya'lamuun ."
( Artinya ) : " Ya Allah , Ya Tuhan kami berikanlah hidayah atau petunjuk kepada kaumku karena sesungguhnya mereka tidak mengerti. "
Akhirnya mereka mengerti sehingga menerima Islam sebagai agamanya.
Oleh karena itu , apabila kita bertengkar jangan diakhiri dengan dendam . Akan tetapi segeralah kita meminta maaf .Karena mungkin kita yang salah atau mungkin mereka salah mengerti.
Begitu pula apabila orang lain meminta maaf kepada kita , sebaiknya kita memaafkannya .Memberi maaf kepada orang lain merupakan perbuatan yang terpuji .Hal ini akan menciptakan pergaulan yang lebih akrab lagi. Selain itu , perbuatan suka memaafkan orang lain disenangi oleh Allah SWT.
      Sementara sifat suka meminta maaf termasuk akhlak yang terpuji. Sifat ini erat hubungannya dengan sifat suka memberi maaf ( pemaaf ) . Sifat ini terpuji dihadapan manusia juga disisi Allah SWT. Firman Allah SWT dalam kitab suci Al - Qur'an :
( Artinya ) : " Maka maafkanlah mereka dan mintakanlah ampun untuk mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu." ( QS : Al-Imran : 159 ).
Ayat tersebut menunjukkan bahwa sifat memaafkan orang lain dan meminta maaf kepada Allah atas kesalahan dan kekhilafannya , merupakan dua sifat yang terpuji dan dianjurkan oleh Allah SWT.
Seperti pepatah mengatakan :
( Artinya ) : " Manusia itu adalah tempat salah dan lupa. "
    Apabila suatu saat kita berbuat kesalahan kepada teman atau orang lain , baik yang disengaja maupun tidak maka bersegeralah meminta maaf. Pada waktu meminta maaf sebaiknya disertai dengan bersalaman . Apabila kesalahan itu berhubungan dengan pelanggaran terhadap perintah Allah atau melakukan larangan-Nya maka bersegeralah kita beristighfar ,  yaitu mengucapkan : Astaghfirullahal adziim . Selain itu kita harus bertobat kepada Allah SWT .Karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penerima tobat atas hamba-Nya yang memintanya dengan benar-benar dan khusu' .
     Sampai disini saya sudahi tulisan relugius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                           *****
*   Bahan- bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  .Oleh : Drs H.Hasan Baihaqi , Af. *
                            *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www// hsunaryo.blogspot.com . *
                             *****

                        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA