MENGAMATI CARA HIDUP HEWAN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji kepunyaan Allah , tiada sekutu bagi-Nya serta hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat .Kali ini yang akan kita bahas adalah setentang cara hidup hewan sebagai berikut :
Para ahli zoologi telah mencatat bahwa didunia ini terdapat lebih dari 850.000,- jenis hewan. Kemudian dari sekian banyak itu dibagi-bagi lagi dalam berbagai macam golongan. Semua itu berbeda bentuknya , beraneka cara hudupnya sesuai dengan lingkungannya masing-masing , dan berbeda pula manfaatnya bagi manusia.
     Dengan memperhatikan , mempelajari dan mengamati cara hidup berbagai macam binatang itu , kita akan memperoleh kesan betapa besar kekuasaan Tuhan yang menciptakannya.
Selain itu juga sangat berguna
bagi kebahagiaan hidup kita.
*  Perhatikan Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air , maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan diatas perutnya , sebagian berjalan dengan dua kaki , sedangkan sebagian ( yang lain ) berjalan dengan empat kaki .Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya , sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." ( QS : An-Nur : 45 ).
      Pengertian tentang alam sekitar itu memang penting bagi manusia , karena semuanya itu diciptakan untuk kepentingan manusia. Sehingga dengan pengetahuan itu manusia akan dapat mengolah alam sekitar ini untuk kesejahteraan hidupnya.Islam mengajarkan agar setiap muslim suka memperhatikan rahasia kejadian , dan rahasia  alam sekitarnya , karena hal itu akan dapat mempertebal iman kepada Allah SWT. Keseragaman dan keseimbangan alam itu menunjukkan adanya Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya .
Selain itu , keragaman dan keseimbangan alam sekitar itu haruslah dijaga dan dipelihara demi untuk kepentingan hidup dan kehidupan manusia sendiri.    
      Akhir dari tulisan ini , ingin saya menyampaikan ayat yang termaktub didalam kitab suci Al-Qur'an surat Al-Imran : 190-191 yaitu yang memerintahkan agar kita menyelidiki rahasia kejadian alam sebagai berikut :
( Artinya ) : " Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang -orang yang berakal ( yaitu ) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri dan duduk dan dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi ( seraya berkata ) : " Ya Tuhan kami , tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia .Maha Suci Engkau maka peliharalah kami dari siksa Neraka." (QS : Al-Imran : 190-191).
     Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan . Jumpa  lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                          *****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA.
Oleh : Drs A.Mudzakkir dan Wardan Amir BA. *
                           *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                            *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA