KEHIDUPAN TUMBUH-TUMBUHAN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji  kepunyaan Allah , hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat.Tanah air kita amat subur dan kaya akan berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Bahkan sebagian besar dari rakyat Indonesia yang 90 prosen beragama Islam adalah petani yang langsung menggarap sawah dan tanah ladang mereka.
Seperti juga binatang , tumbuh-tumbuhan itu amat banyak macamnya.
Berbeda-beda bentuknya , beraneka macam warna bunganya , dan bermacam -macam  pula manfaatnya bagi kehidupan manusia .Bukankah dari tumbuh-tumbuhan itu manusia dapat mengambil manfaatnya untuk bahan makanan , minuman , pakaian , obat-obatan dan sebagainya ?.
      Dalam kitab suci Al-Qur'an terdapat ratusan ayat yang memerintahkan agar manusia memperhatikan , menyelidiki dan mempelajarinya kehidupan tumbuh-tumbuhan itu. Diantaranya :
*  Allah SWT berfirman :
( Artinya ) : " Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan yang telah menjadikan bagimu dibumi itu jalan-jalan , dan menurunkan dari langit air hujan , maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam .Makanlah dan gembalakanlah binatang-binatangmu , sesungguhnya pada yang demikian itu , sungguh-sungguh terdapat kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berakal. " ( QS : Thaha : 53 - 54 .)
Demikianlah , dengan menyelidiki kehidupan berbagai macam tanaman itu manusia akan memperoleh bukti yang nyata betapa kebesaran dan kekuasaan Tuhan itu. Selain itu juga akan besar manfaatnya bagi kesejahteraan dan kebahagiaan hidupnya .
Disinilah letak betapa pentingnya mempelajari ilmu Hayat disamping ilmu-ilmu lainnya. Dalam ilmu Hayat kita sudah tahu bahwa makhluk hidup itu saling bergantungan satu sama lainnya.
Mereka tak dapat hidup sendiri. Sedangkan makhluk hidup itu tergantung pula dengan alam sekitarnya. Itulah sebabnya keseimbangan alam sekitar harus dijaga.
       Sebagai makhluk hidup yang mulia , dan sebagai penguasa dibumi , manusia berkewajiban memelihara , mengatur , dan mengolah alam sekitar itu agar keseimbangan alam dapat terjaga. Oleh karena itu pengawetan alam , baik yang berupa cagar alam ataupun suaka marga satwa amat penting sekali. Sebab segala macam tanaman dan binatang itu sungguh bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lagi pula dengan mempelajari rahasia kejadian alam dan manfaatnya akan menambah iman yang terdapat dalam hati sanubari.
*  Perhatikan Firman Allah SWT :
( Artinya ) : "  Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi , dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal ( yaitu ) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri dan duduk dan dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi ( seraya berkata ) :  " Ya Tuhan kami , tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia . Maha Suci Engkau maka peliharalah kami dari siksa Neraka. " ( QS : Al -Imran : 190 -191 ).
         Sampai disini saya sudahi tulusan religius ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan . Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                             *****
* Bahan -bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA.
Oleh :  Drs  A. Mudzakkir dan Wardan Amir BA . *
                               *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com .*
                              ******

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA