JUJUR

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad. Puja dan puji hanya milik Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sesama muslimin muslimat. Sebagai seorang muslim yang baik , kita harus memiliki akhlak yang mulia . Selain itu kita harus bertingkah laku yang terpuji.
*  Nabi Muhamnad SAW pernah bersabda: ( Artinya ) : " Sebaik -baik manusia adalah orang yang bagus akhlak dan budi pekertinya ." ( HR : Turmudzi ).
     Jujur artinya bertindak atau berbicara sesuai dengan keadaan yang sebenarnya,  tidak menambah atau menguranginya. Oleh karena itu , sifat jujur termasuk sifat  yang sangat terpuji dan disenangi Allah.
Apabila kita berlaku jujur tentu akan disenangi oleh Allah dan juga oleh manusia.Berlaku jujur itu bukan saja kepada Allah SWT melainkan juga terhadap diri sendiri , orang tua , keluarga , guru dan teman-teman.
Ajaran Islam mengajarkan kepada umatnya agar berbuat dan bertindak dengan jujur. Kejujuran itu merupakan konci masuk syurga.
*  Rasulullah SAW bersabda :
( Artinya ) : " Tetaplah kamu berlaku jujur , karena sesungguhnya jujur itu menunjukkan kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan itu menuju ke syurga." ( HR : Bukhari ) .
Sebaliknya apabila kita berlaku tidak jujur dan suka berbohong atau berdusta tentu kita akan dimurkai Allah.
Selain itu , kita akan dibenci oleh orang lain dan akan dijauhi oleh teman-teman . Karena setiap perkataan kita tidak akan dipercaya lagi oleh orang lain meskipun perkataan itu benar adanya.Hal ini tentu saja akan merugikan diri kita sendiri.
Oleh karena itu , kita harus menghindari dan menjauhi sifat dusta karena dusta merupakan konci masuk Neraka.
*  Perhatikan Nabi Muhammad SAW bersabda :
( Artinya ) : " Dan jauhkanlah dirimu dari perbuatan dusta karena sesungguhnya dusta itu membawa kecurangan dan kecurangan membawa ke Neraka." ( HR : Bukhari ).
     Selain itu , berkata bohong atau dusta termasuk salah satu sifat orang munafik , yang sangat tercela dalam agama Islam.
*  Rasulullah SAW bersabda :
( Artinya ) : " Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga : Apabila berbicara dia dusta , apabila berjanji dia mengingkari dan apabila dipercaya dia berkhianat. " ( HR : Muttafaqun Alaih ).
Sebuah pertanyaan , maukah kita disebut orang munafik ? Tentu tidak bukan ? Oleh karena itu , kita harus membuang jauh-jauh dari hati kita sifat dusta .Dan sebaliknya  kita harus memiliki sifat jujur.
      Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi  wabarakatuh.
                          *****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku :  " Pendidikan Agama Islam " Oleh : Drs H  Hasan Baihaqi , Af. *
                           *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www// hsunaryo.blogspot.com. *
                            *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA