AWAL PENYIARAN ISLAM PERIODE MEKKAH.

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad
Puja dan puji hanya milik Allah , hanya kepada-Nya kami menyembah dan hanya kepada-Nya kami memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat.Setelah menerima wahyu yang pertama , Nabi Muhammad belum menyampaikannya kepada orang lain . Baru setelah wahyu yang kedua turun Rasulullah mengajak orang lain untuk memeluk agama Islam. Dalam menyiarkan agama Islam yang mula-mula diajak Rasulullah adalah istrinya Siti Khadijah .Ajakan Rasulullah diterima baik oleh istrinya.Kemudian diikuti oleh sahabat , anak pamannya , dan pembantunya yaitu:
1.    Abu Bakar Siddiq
2.    Ali bin Abi Thalib ( anak pamannya baru berusia 6 tahun ).
3.    Zain bin Harisah.
     Bersama mereka inilah Rasulullah menyebarkan agama Islam .Kurang lebih 3 tahun Rasullah menyebarkan Islam secara diam-diam.Oleh karena itu , jumlah pengikutnya tidak begitu banyak .
Kemudian Rasulullah berdoa agar diturunkan wahyu untuk mendapatkan petunjuk bagaimana cara menyebarkan agama yang sebaik-baiknya.Wahyu yang diharapkan pun turun .Dalam wahyu itu , Rasulullah diperintahkan untuk menyiarkan agama Islam secara terang-terangan kepada umum.
Setelah menerima wahyu itu barulah Rasullullah berdakwah secara terbuka.Famili , sahabat dan handai tolan diajaknya untuk menyembah kepada Allah SWT .
" Tinggalkanlah kebiasaan menyembah kepada berhala dan perbuatan-perbuatan keji ."  Begitulah dakwah pertama  Rasulullah kepada sahabat dan familinya.Lebih jauh lagi Rasulullah
berdakwah kepada tetangga dan masyarakat luas di Mekkah.
     Diantara familinya yang menentang dakwah Rasulullah adalah pamannya bernama Abu Lahab , ia menolak terang-terangan dan mengancam akan membunuh Rasulullah.Tetapi Rasulullah tidak takut atas ancaman dan tidak berhenti sampai disitu .Dakwahnya semakin bersemangat.
     Banyak masyarakat Mekkah yang menerima seruan Rasulullah dan menjadi pengikutnya yang setia. Tetapi tidak sedikit yang menjadi penentang dan ragu-ragu.
 Banyak cara yang dilakukan kaum penentang untuk menghentikan dakwah Rasulullah .
Cara-cara mereka untuk menghentikan dakwah Rasulullah diantarantmya .
1.    Menentang secara terang-terangan ajakan Nabi Muhammad.
2.    Menghina Rasulullah sebagai tukang sihir dan orang gila.
3.    Menganiaya dan menghina pengikutnya  Rasulullah .
4.    Rasulullah beserta pengikutnya dipisahkan/dijauhkan dari pergaulan.
5.    Membujuk Rasulullah dengan harta dan kedudukan yang tinggi.
Semua tantangan dari kaum penentang itu tidaklah menggoyahkan iman kaum muslimin .Pengikut Rasulullah semakin hari semakin bertambah , meskipun tidak pesat.Mereka menganggap ajaran Rasulullah lah yang yang paling benar dan masuk akal. Para pemimpin Quraisy banyak yang menyatakan diri masuk Islam.Diantaranya Hamzah dan Umar Ibnu Khattab .
Begitu pula penentang Islam berusaha sekuat tenaga untuk menghentikan kegiatan Islam.Kekejaman kaum Quraisy terhadap kaum muslimin.semakin hari semakin kuat.Penyiksaan terhadap pengikut  Rasulullah menjadi hebat , dijemur , dipukuli , diseret dan dibunuh. Meskipun demikian , Rasulullah beserta pengikut-pengikutnya tidaklah goyang keimanannya. Bertekad untuk tetap menyembah Allah dan tidak mau kembali menyembah berhala. Rasulullah SAW menghibur kepada para pengikutnya bahwa bagi orang yang berjuang membela agama Allah , syurga bagiannya.
Dan demi penyelamatan dan penyiaran agama Islam , Rasulullah mengajak pengikutnya untuk hijrah kedaerah lain yaitu Negeri Habsyi .
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi tulisan ( religius ) ini .Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan . Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         *****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam .Oleh : Drs Asdiah Suparya dkk. *
                          *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website  : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                           *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA