SHALAT TARAWEH DAN WITIR

Assalamualaikum wr wb
Bismilahiramanirrahim
Allahumma shali wassalim Sayyidina Muhammad.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-NYA kepada kita , sehingga pada  saat tulisan ini berada dihadapan sidang pembaca kita tanpa terasa sudah memasuki satu minggu bulan Ramadhan 1436 H. Alhamdulillah ! Kita berharap , kita memohon kepada Allah SWT semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita sehingga kita dapat melaksanakan ibadah puasa tahun ini dengan sebaik-baiknya dan kita mendapat predikat taqwa. Semoga ! Shalawat serta salam kita mohonkan semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Shalat Taraweh ialah shalat yang dilakukan pada malam hari dibulan Ramadhan , dilaksanakan boleh sendiri dan lebih baik berjamaah. Afdhol nya shalat Taraweh dilaksanakan secara berjamaah di Masjid-masjid atau pun Mushalla-mushalla. Salam dilakukan setiap 2 rakaat atau 4 rakaat , jumlah seluruhnya menurut kebiasaan masing-masing. Artinya , yang biasa mengerjakan 8 rakaat ditambah shalat witir 3 rakaat jadi jumlahnya 11 rakaat. Silahkan ! Dan yang biasa mengerjakan 20 rakaat ditambah shalat witir 3 rakaat jadi jumlahnya 23 rakaat. Silahkan ! Ya ! Silahkan mengerjakan shalat Taraweh sesuai keyakinan masing-masing. Ini sudah tahun 2015 mas ! Sudah nggak etis ( sudah nggak pantes ) ribut-ribut soal jumlah rakaat shalat Taraweh .Gizi kita sudah bagus kan ? Jadi  , soal khilafiah , tentang perbedaan pendapat sudah bisa bergandengan, sudah bisa saling menghormati . Dan yang terpenting perbedaan jumlah rakaat shalat Taraweh tidak lagi bisa memecah belah persaudaraan diantara kita sesama muslim muslimat. Sesama muslim muslimah kita adalah bersaudara.
Oke , saudaraku ?. Alhamdulillah !
   Lafazh niat shalat Taraweh sebagai berikut :
" Usalli sunnatat-taraawihi rak'ataini ( arba'a raka'aatin )ma'muumal -lillalahi ta'aalaa ."
( Artinya ) : " Saya niat shalat sunat Taraweh 2 rakaat ( 4 rakaat ) makmum karena Allah Ta'ala ."
Gerakan dan bacaan selanjutnya sama dengan shalat wajib.
Doa sesudah selesai shalat Taraweh, antara lain :  " Allahumma
Innaka 'affuwwun kariimun tuhibbul 'afwafa' fu'annii ( 3x ) .
( Artinya ) : " Ya Allah Engkaulah Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Mulia yang suka memberi ampun , karena itu ampunilah aku ."
      Sementara shalat witir adalah shalat sunat yang jumlah rakaatnya ganjil , dilaksanakan setelah shalat sunat sesudah shalat Isya , misalnya shalat Taraweh. Misalnya jumlah nya 3 rakaat , maka niat shalat witir itu dilafazh kan sebagai berikut :
" Usalli sunnatal witri salasa rak'aatin - ma ' muuman llillahi ta'ala ."
( Artinya ) : " Saya niat shalat sunat witir 3 rakaat makmum karena Allah Ta'ala ."
Atau boleh juga pelaksanaan shalat witir 3 rakaat sebagai berikut :
Dua rakaat salam , lalu shalat lagi satu rakaat salam . Jadi jumlah shalat witir 3 rakaat dikerjakan dua kali salam. Kalau dikerjakan langsung 3 rakaat dengan satu salam , jadi bukan seperti shalat Maghrib.

Doa setelah selesai shalat witir :
" Subhaanal malikil qudduus ."
( Artinya ) : " Maha Suci Tuhan , Raja Yang Maha Suci."
" Subbuuhun qudduusur -rabbunaa warabbulmalaaikati warruuh. "
( Artinya ) : " Ya Allah , kami mohon kepada-Mu keridhaan-Mu dan syurga dan kami berlindung kepada-Mu dari kemurkaan-Mu dan dari api Neraka. "
     Bacalah berulang-ulang doa sesudah selesai shalat Taraweh dan bacalah berulang-ulang doa sesudah selesai shalat witir. Tingkatkan kekhusu'an kita ketika kita melaksanakan shalat Taraweh dan shalat witir berjamaah .
    Sampai disini saya sudahi tulisan ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                        *****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Tuntunan Ibadah Ramadhan  " Oleh : Drs Kaukab Syamsuri . *
                          *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com. *
                            *****

                       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA