SELAMAT DATANG RAMADHAN 1436 H .

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirramanirrahim
Allahumma shali wassalim wabarik  sayyidina Muhammad .
Puja dan puji hanya milik Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para Sahabatnya.
    Saudarku , sidang pembaca yang terhormat .Tanpa terasa , kita sudah berada dipenghujung bulan Sa'ban. Itu artinya beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan 1436 H. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh  barokah , penuh ampunan Allah SWT  , bulan panen pahala , dimana didalamnya ada satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.
Itulah yang kita sebut : Malam Lailatul Qadar dan karena keistimewaan malam Lailatul Qadar setiap insan beriman , siapapun mereka dan dimanapun berada dipastikan sangat mendambakan dapat bertemu dengan malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan tersebut.
    Saudarku , tahukah antum dalam sebuah Hadist diterangkan bahwa siapa yang senang ( gembira ) hatinya mendengar ( mengetahui ) datangnya bulan Ramadhan maka Allah haramkan tubuhnya tersentuh api Neraka. Subhanallah !
Keistimewaan bulan Ramadhan memang tiada bandingnya.
Puasa ( Ash-Shaum ) dalam pengertian bahasa adalah menahan dan berhenti dari sesuatu , sedangkan dalam istilah agama artinya adalah menahan dari makan, minum serta melakukan hubungan suami istri mulai dari waktu fajar sampai datangnya Maghrib karena semata-mata mencari keridhaan Allah , sebagaimana dalil dalam Al Qur'an yang mewajibkan puasa .
Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Hai orang-orang yang beriman , diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu , agar kamu bertaqwa." ( QS : Al-Baqarah : 183 ).
Al-Qur'an adalah firman Allah , maka segala isinya adalah perintah seperti terdapat dalam surat Al Baqarah 183 tersebut dan diiringi pula dengan Hadist Nabi yang menyatakan bahwa puasa adalah salah satu rukun Islam , maka tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk tidak berpuasa dibulan Ramadhan. Sesungguhnya puasa itu tidak hanya diwajibkan Allah SWT kepada umat Islam saja , akan tetapi juga telah diwajibkan pula terhadap umat -umat terdahulu sebelum Islam .Maka tidak diragukan lagi bahwa puasa itu dapat menentramkan jiwa dan membawa manusia kepada kehidupan yang mulia , terlepas dari cengkraman kebiasaan dan akhlak yang buruk serta menjauhkannya dari berbagai penderitaan bathin serta mengikis dosa-dosa yang terdahulu.
*  Rasulullah SAW bersabda :
( Artinya ) : " Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan kesadarannya,
diampuni baginya dosa-dosanya yang terdahulu." ( Al-Hadist ).
Penderitaan yang amat berat adalah merasa berdosa , oleh karena itu mintalah dan berdoalah kepada Allah Yang Maha Pengampun dan Penyayang.Tingkatkan ibadah , terutama dalam bulan Ramadhan .Semoga Allah mengabulkannya terhindar dari perasaan berdosa dan penyesalan-penyesalan serta diberkahi ketentraman lahir dan bathin.
Sidang pembaca , niat puasa diucapkan pada malamnya dan biasanya diucapkan setelah selesai shalat Tarawih atau diucapkan pada waktu sahur .
Lafazh Niat adalah :  "  Nawaitu shauma ghadin ' ada'i fardhisysyahri Ramadhana hadzihissanata lillahi ta'ala . "
( Artinya ) : " Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban bulan Ramadhan pada tahun ini karena Allah SWT."
Apabila sudah waktunya berbuka disunatkan untuk segera berbuka .
Doa berbuka puasa : " Allahmma laka shumtu wabika aamantu wa' ala rizqika afthartu Allahumma dzahabazh zhoma'u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru insyaa Allahu."
(Artinya) : " Ya Allah Tuhan kami , bagi Engkaulah kami berpuasa dan kepada Engkaulah kami beriman dan dengan rizqi yang Engkau berikan kami berbuka .Ya Allah Tuhan kami , telah hilang dahaga
dan telah basah pula urat-urat dan semoga tetaplah pahalanya."
Atau dengan lafazh : " Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa' ala rizqika afthartu birahmatika Ya Arhamar Rahimin. "
( Artinya) " Ya Allah Tuhan kami , untuk Engkau kami berpuasa dan kepada Engkau kami beriman dan dengan rizqi yang Engkau berikan kami berbuka dengan Rahmat-MU ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."
    Sampai disini saya sudahi tulisan regilius ini , selamat menunaikan ibadah puasa .Selamat datang bulan puasa 1436 H , selamat datang Saiyidusy syuhur yang mulia. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang.lain.Waafwa minkum  wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                          ****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : AKBAR ( Aktivitas Ibadah Ramadhan ).Oleh : Zulherman. *
                           ****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Http//Hajisunaryo.com *
                             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA