MALAM LAILATUL QADAR

Assalamualaikum wr wb
Bismilahirrahmanirrahim
Allahumma shali wassalim sayyidina Muhammad.
Alhamdulillah kita panjatkan doa syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia-Nya dan atas Izin-Nya pula kita dapat berjumpa kembali ( lewat tulisan ).Kali ini judul tulisan kita adalah sesuai tersebut diatas. Semoga kali ini materi yang kita bicarakan mendapat tempat dihati sidang pembaca karena bertepatan dengan bulan yang sedang kita jalani yaitu bulan suci Ramadhan 1436 H.
Dimana didalamnya ada satu malam yang nilainya lebih baik dari 1000 bulan , yaitu malam Lailatul Qadar.
Shalawat serta salam kita mohonkan semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para Sahabatnya.
   Malam Lailatul Qadar ialah malam yang penuh barokah atau Lailatuh Mubarokah ( malam yang mempunyai keistimewaan yang luar biasa ).
Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Malam Al Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan ( delapan puluh tiga tahun empat bulan ).
Pada malam itu Malaikat diturunkan berbondong-bondong untuk mengintip kegiatan umat manusia. Itu adalah Iradah  ( Kehendak ) Allah yang luar biasa.Ganjaran ibadah saat itu lebih baik daripada ibadah seribu bulan. Kapan Malam Lailatul Qadar turun ? Tak seorangpun yang mengerahui secara pasti.Disini Nabi Muhammad SAW memberi petunjuk bahwa malam Qadar akan muncul pada malam ganjil sepuluh hari sebelum bulan Ramadhan usai ( malam 21 , 23 , 27, 29, atau diakhir malam Ramadhan.
Raihlah keutamaan malam itu dengan menambah kesungguhan ibadah hidupkanlah dengan dengan berbagai kegiatan yang mendekat kan diri kepada Allah.
Rasulullah SAW bersabda :
( Artinya ) : " Barangsiapa beribadah dimalam Al Qadar karena iman dan ihtisabnya, niscaya diampuni dosa yang telah lalu." ( HR : Bukhari dan Muslim).
Saudaraku , sesama muslim muslimat . Allah SWT berfirman dalam surat Al-Qadar : " Lailatul qadri khairum -min alfisyahrin "
( Artinya ) : " Malam Qadar itu lebih baik dari seribu bulan."
Malam Qadar yaitu suatu malam yang terjadi hanya pada tiap bulan Ramadhan .Al-Qur'an pertama kali diturunkan  Allah pada malam Qadar .Barangsiapa yang melakukan ibadah pada malam tersebut , maka pahalanya dilipatgandakan lebih dari seribu bulan .Karena itu kita hendaknya dapat melaksanakan ibadah sebaik mungkin  , sehingga dapat memperoleh Lailatul Qadar.Waktu Lailatul Qadar itu secara pasti tidak ada yang mengetahui , namun Nabi SAW mengingatkan kejadian tersebut pada malam ganjil sesudah malam 20 Ramadhan .
Seperti dikatalkan diatas , yaitu seperti malam 21 , 23 , 25 , 27 dan malam 29.
Doa malam Lailatul Qadar antara lain :  " Asyhadu al-laa ilaaha ilallaah.
Astagfurullaah asaluka ridhaaka wal jannata wa a'udzubika min sakhatika wannaar.Allahumma innaka 'afuwwun karimun tuhibbul 'afwafa'fu'anni yaa kariim."
( Artinya ) : " Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah .Saya mohon ampun ya Allah , saya mohon kepada-Mu ridho dan syurga-Mu dari kutukan dan Neraka-Mu .Ya Allah , sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia .Engkau suka memaafkan , maka maafkanlah saya , ya Yang.Maha Mulia."
Atau boleh berdoa sebagai berikut :
" Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa' fu' anni."
( Artinya ) : " Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pengampun , suka mengampuni kesalahan maka ampunilah kesalahanku."
Semoga Allah SWT berkenan memberikan kita kesempatan untuk bertemu dengan malam yang mulia itu yaitu malam Lailatul Qadar dan saat itu kita sedang ( melakukan ) beribadah. Amiin! Ya Rabbal Alamin.
Sampai disini saya sudahi tulisan ( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Wa afwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                      ****
*  Bahan- bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Akbar ( Aktivitas Ibadah Ramadhan ) Oleh : Zulherman. Dan buku : Tuntunan Ibadah Ramadhan .Oleh : Drs Kaukab Syamsuri. *
                       *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www// hsunaryo.com. *
                         ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA