" LAILATUL QADAR "

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad.
Kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia-NYA dan atas Izin-NYA lah kita dapat berjumpa kembali (lewat tulisan ) kali ini dengan tulisan saya berjudul tersebut diatas. Alhamdulillah ! Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat.Malam Lailatul Qadar ialah malam yang penuh barokah atau Lailatuh Mubarokah ( malam yang mempunyai keitimewaan yang luar biasa ) .
Perhatikan Firman-NYA :
( Artinya ) : " Malam Al Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan ( delapan puluh tiga tahun empat bulan ) ( QS : Al Qadar : 3 )
Pada malam itu Malaikat diturunkan berbondong-bondong untuk mengintip kegiatan umat manusia.Itu adalah Iradah ( kehendak ) Allah yang luar biasa ..Ganjaran ibadah saat itu lebih baik daripada ibadah seribu bulan.
Kapan malam Lailatul Qadar turun? Tak seorang pun mengetahui secara pasti .Disini Nabi Muhammad SAW memberi petunjuk bahwa malam Qadar akan nuncul pada malam ganjil sepuluh hari sebelum bulan Ramadhan usai .( malam 21 , 23 , 25 , 27 , 29 atau diakhir malam Ramadhan )
Raihlah keutamaan malam itu dengan menambah kesungguhan ibadah Hidupkanlah dengan berbagai kegiatan yang mendekat kan diri kepada Allah.
Rasulullah SAW bersabda : (Artinya) : "  Barangsiapa beribadat dimalam Al Qadar karena iman dan ihtisabnya niscaya diampuni dosanya yang telah lalu." ( HR : Bukhari dan Muslim ).
Adapun beberapa amalan yang sangat baik pada saat itu seperti : Shalat , dzikir , istighfar , tasbih , tahmid ,dan tahlil.Kemudian shalawat , membaca ayat-ayat suci Al Qur'an , berdoa baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain , juga bersedekah dan menjauhkan diri dari segala maksiat.
    Ayat-ayat dibawah ini sangat utama untuk dibaca . Yakni : Ayat Kursi , ayat-ayat akhir surat Al Baqarah , ayat idzajuljilati ,surat Al Kafirun , surat Al Ikhlas , dan surat Yaa siin . Dan doa yang utama pada malam itu ialah memohon ampun dari segala dosa.
Doa yang dibaca pada malam Lailatul Qadar : " Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa 'fu'anni."
(Artinya ) : " Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pengampun , suka mengampuni kesalahan maka ampunilah kesalahanku."
    Sampai disini saya sudahi tulisan regilius ini ; semoga bermanfaat , mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         ****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : AKBAR ( Aktivitas Ibadah Ramadhan ) Oleh : Zulherman. *
                         *****
*  Artikel regilius ini dapat anda temukan pada website: Www//hsunaryo.blogspot.com. *
                        *******

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA