IMAM

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad
Kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT , berkat Rahmat dan Inayah-Nya lah tulisan ( religius) sesuai judul tersebut diatas ( yang barangkali saat ini ) tulisan ini sudah berada dihadapan antum sidang pembaca.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluaganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Imam , adalah orang yang memimpin shalat. Berbicara soal Imam ,  tentu shalatnya adalah shalat berjamaah.Baik shalat itu shalat wajib ( maktubah ) maupun shalat sunat ( nafilah ) .Iman akan selalu diikuti gerak - geriknya dalam shalat oleh jamaah yang lain .Untuk menjadi seorang imam harus mempunyai syarat-syarat diantaranya seperti berikut ini :
1.    Sehat akalnya .
2.     Lebih fasih bacaannya ,
* Rasulullah SAW bersabda :
( Artinya ) : Jika bertiga , maka hendaklah mereka dijadikan imam salah seorang dari mereka , dan yang lebih berhak diantara mereka untuk menjadi imam adalah orang yang lebih fasih bacaannya. " ( HR : Muslim )
3.     Harus laki-laki jika salah satu makmumnya terdapat orang laki-laki ( tidak boleh perempuan menjadi imam laki-laki. )
4.     Yang lebih tua umurnya dan atau lebih tampan wajahnya sebagaimana sabda Rasulullah SAW
yang diriwayatkan Abu Zaid Umar Ahtabin ra berikut ini :
( Artinya ) : " Jika mereka sama bacaannya , maka pilihlah yang lebih tua umurnya dan jika umurnya sama mereka pilihlah diantara mereka yang lebih tampan wajahnya." ( HR : Baihaqi ).
     Sementara orang yang tidak boleh dijadikan imam sebagai berikut :
1.    Perempuan bagi makmum laki-laki.
2.    Banci bagi makmum laki-laki.
3.    Banci bagi makmum banci
4.    Perempuan bagi makmum banci dan-
5.    Orang yang pandai membaca Al Qur'an menjadi makmum kepada orang yang tidak dapat membaca Al Qur'an.
       Jika dalam shalat , iman secara tidak sengaja mengalami hal yang membatalkan shalat , maka makmum yang dibelakangnya maju kedepan sebagai pengganti imam dalam memimpin shalat sampai selesai. Hal ini sesuai dengan riwayat yang diceritakan Syaid bin Mansyur dari Abu Razin yang artinya : " Pada suatu hari Ali bin  Abu Thalib sedang shalat , tiba-tiba keluar darah dari hidungnya . Kemudian ia segera menarik tangan seorang makmum dibelakangnya maju kedepan untuk menggantikannya.." ( HR : Syaid bin Mansyur ).
       Sampai disini saya sudahi tulisan ( religius ) ini , semoga bermanfaat .Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                           *****
*  Bahan -bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam . Oleh : Drs . Ahmad Syafi'i Mufid , MA . Dkk .*
                            *****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                            *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA