AL-QUR'AN ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad.
Kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan sebab izin-Nya lah , tulisan religius ini sesuai judul tersebut diatas ( Bagian Pertama ) dapat berada dihadapan sidang pembaca.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Al-Qur'an diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Al-Qur'an merupakan kitab suci penyempurna dan penutup dari semua kitab yang pernah diturunkan kepada para Nabi dan Rasul sebelumnya. Oleh sebab itu , Al-Qur'an merupakan pedoman hidup atau sumber pelajaran dan peraturan bagi kehidupan seluruh umat manusia didunia.
Al-Qur'an menurut arti bahasa ialah bacaan sesuatu yang dibaca. Adapun menurut istilah , Al -Qur'an adalah Kalam atau Firman Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan petunjuk hidup bagi seluruh umat manusia dan apabila kita membaca serta memahami segala isinya merupakan suatu ibadah.
    Berdasarkan pengertian tersebut , Kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi-nabi selain Nabi Muhammad SAW tidak dinamakan Al-Qur'an. Misalnya , kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa As disebut Injil , dan kitab yang diturunkan kepada Nabi Musa As diberi nama Taurat.
Disamping Firman Allah yang dimasukkan kedalam mushaf Al-Qur'an , ada juga Kalam atau Firman Allah yang diwahyukan kepada Rasulullah , tetapi  tidak dimasukan kedalam mushaf Al-Qur'an yang disebut Hadist Qudsi.
*  Perhatikan Firman Allah SWT didalam kitab suci Al-Qur'an :
( Artinya ) : " Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur'an ( didalam dadamu dan menetapkan ) bacaannya ( pada lidahmu ) itu adalah tanggungan Kami ( Karena itu ) , jika kami telah membacakannya maka hendaklah kamu ikuti bacaannya." (QS : Al Qiyamah : 17-18 ) .
    Kitab suci Al-Qur'an mengandung ajaran akidah , ibadah , syariah , muamalah , dan sejarah pada zaman dahulu. Al-Qur'an terdiri dari 30 juz , 114 surat , dan 6 666 ayat.
     Saudaraku , sidang pembaca. Saya sudahi dulu tulisan ( religius ) ini Bagian Pertama , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan . Jumpa lagi kita , insya Allah dengan Bagian Kedua tulisan judul " Al-Qur 'an " ini pada penerbitan mendatang.
Waafwa minkum wsssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         ****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : "Pendidikan Agama Islam ." 0leh : Drs H. Hasan Baihaqi , Af. *
                          ****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                           ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA