AL-QUR'AN ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim wabarik sayyidina Muhammad .
Hanya kepada-MU ya Allah kami menyembah dan hanya kepada-MU ya Allah kami memohon pertolongan.
Shalawat serta salam kita mohonkan semoga tercurah kepada junjungan umat , Nabi termulia , Rasul paling Agung yaitu Baginda Nabi besar sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Pada bagian pertama judul tulisan ini diterangkan bahwa Al-Qur'an terdiri dari 30 juz , 114 surat , dan 6.666 ayat. Pertama kali Al-Qur'an diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan di Gua Hira .
Selanjutnya , Al Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur selama kurang dari 23 tahun , yaitu dalam masa 22 tahun 2 bulan dan 22 hari .
    Ditinjau dari segi masa turunnya , Al-Qur'an dibagi atas dua bagian sebagai berikut :
1.   Ayat-ayat atau surat yang diturunkan di Mekkah atau sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah yang dinamakan ayat-ayat Makkiyah .
2.   Ayat-ayat atau surat yang diturunkan di Madinah atau sesudah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah yang dinamakan ayat-ayat Madaniyah .
Ayat-ayat Makkiyah meliputi 19 per 30 dari isi Al Qur'an dan terdiri atas 86 surat , sedangkan ayat-ayat Madaniyah meliputi 11 per 30 dari isi Al-Qur'an dan terdiri atas 28 surat sehingga jumlah seluruhnya ada 114 surat , terdiri atas 30 juz .
     Al-Qur'an adalah Rahmat dan petunjuk bagi umat manusia dan alam semesta. Al-Qur'an merupakan bacaan terbaik bagi setiap umat Islam , baik pada waktu bahagia maupun pada waktu susah.
Dengan kata lain , membaca dan mengkaji Al-Qur'an akan bertambah kuat keimanan yang tertanam dalam hati kita .Karena itu , barangsiapa yang mentaati dan menjalankan ajaran Al-Qur'an , insya Allah akan selamat hidupnya , baik didunia maupun diakhirat.
Dengan demikian kita wajib beriman kepada kitab suci Al-Qur'an. Kewajiban beriman kepada Al-Qur'an itu berarti :
1.   Wajib mempercayai atau meyakini dengan sebenar-benarnya bahwa Al-Qur'an itu adalah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW .
2.   Wajib mempelajari dan mengamalkan segala isi yang terkandung didalam kitab suci Al-Qur'an , menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya .
     Sebagai kitab suci maka keabadian Al-Qur'an dijamin oleh Allah SWT .Kesucian Al Qur'an sejak diturunkan sampai pada hari akhir zaman akan tetap terpelihara keaslian dan kemurniannya .Inilah salah satu keistimewaan Al-Qur'an .
Sebagaimana Allah SWT berfirman :
( Artinya ) : " Sungguh Kami lah yang menurunkan Adz-Dzikir ( Al-Qur'an ) dan sungguh Kami pula yang menjaganya ." ( QS : Al Hijr : 9 ) . Sebagai umat Islam ,  kita harus memelihara , memuliakan Kitab Suci Al-Qur'an . Seperti jika akan membaca Al-Qur'an kita harus mengawali bacaan Al-Qur'an dengan Ta'awuz dan Basmalah .Membacanya dengan baik dan benar , karena itu kita pelajari ilmu Tajwid. Al-Qur'an merupakan kitab suci yang menjadi petunjuk hidup bagi umat Islam didunia sepanjang masa.Karena itu , setiap pribadi muslim diharuskan beriman akan keberadaannya , serta penuh kedisiplinan dan ketaatan dalam melaksanakan seluruh ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.
Membaca , mempelajari dan memahami Al-Qur'an merupakan ibadah .Namun , Al -Qur'an akan lebih bermakna jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari .
    Sampai disini selesai sudah tulisan ( religius ) Bagian Kedua ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih atas segala perhatian.
Mohon maaf apabila terdapat kesalahan , jumpa lagi insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         *****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku :  " Pendidikan Agama Islam " ) 0leh : Drs H. Hasan Baihaqi , Af . *
                         ******
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com  *
                          *****
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA