TAKABUR

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmannirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas  Karunia , taufik hidayah , serta Inayah-NYA kepada kita sekalian. Shalawat serta Salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya , beserta para Sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Kali ini judul tulisan kita sesuai tersebut diatas adalah setentang Takabur .Seperti yang kita ketahui , sifat Takabur atau yang juga biasa disebut Tinggi Hati ini artinya Sombong. Sifat sombong , congkak atau merasa diri lebih pintar, lebih tinggi dari orang lain ini adalah merupakan pekerjaan Iblis laknatullah.
*  Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Dan ( ingatlah ) ketika Kami berkata kepada Malaikat : Sujudlah kamu kepada Adam , lalu mereka sujud kecuali Iblis ,ia enggan ( menolak ) dan takabur dan ia termasuk orang-orang kafir." ( QS : Al Baqarah : 34 ) .
Allah akan memalingkan petunjuk dan hidayah-NYA kepada orang-orang yang sombong .
*  Perhatikan Firman-NYA :
( Artinya ) : " Aku akan memalingkan dari keterangan-keterangan-KU terhadap orang-orang yang menyombongkan dirinya dimuka bumi diluar kebenaran." ( QS : Al-A'raf : 146 ).
Sifat sombong juga akan mengakibatkan kebinasaan seseorang sebagaimana Hadist Nabi Muhammad SAW :
( Artinya ) : " Tidak akan masuk syurga seserang yang didalam hatinya terdapat sifat sombong ( takabur ) walau hanya seberat atom yang sangat halus."  ( HR : Muslim ).
Oleh karena itu sifat Takabur ( sombong ) harus kita jauhi , sebab akan mendatangkan kebencian diantara sesama manusia.
Lagi pula manusia tidak pantas untuk menyombongkan diri , karena kesombongan merupakan HAK Allah SWT .
* Rasulullah SAW telah bersabda melalui Hadist Qudsinya :
( Artinya ) :  Rasulullah SAW bersabda : " Allah telah berfirman Kemuliaan itu pakaian-KU dan Kebesaran itu selendang-KU , maka siapa menyaingi Aku dalam salah satunya tentu Aku siksa dia. " ( HR : Muslim ) .
    Saudaraku , sidang pembaca. Dari Hadist tersebut diatas . Gamblang , dijelaskan bahwa sifat Sombong atau Takabur itu Hak Allah , itu artinya hanya Allah saja yang boleh ( pantas ) untuk sombong. Sementara manusia ( siapapun dia ) tidak pantas untuk sombong ( congkak dan takabur ) dan bagi siapa yang berani mencoba-coba menyaingi hak Allah maka Allah akan menyiksanya.
    Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini , semoga bermanfaat .Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                     ****
* Bahan- bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam " AMANAH " Disusun Oleh : Tim Wahana IPTEK Bandung.*
                     *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com .*
                     ******

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA